PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Dian Sastri Utami, Rini Asnawati, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the increasing of students ability of understanding of mathematical concepts who was taught by mind mapping learning method. The design which was used was pretest-posttest control group design. The population of this research was all students of grade eight of Junior High School of 14 Bandarlampung in academic year of 2015/2016. The purposive random sampling technique was used to take two classes as the research samples. The data of this research were obtained by test of ability of understanding of mathematical concepts. Based on the result and discussion, it was concluded that the implementation of mind mapping method could increase students ability of understanding of mathematical concepts.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode mind mapping. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/2016. Teknik purposive random sampling digunakan untuk mengambil 2 kelas sebagai sampel penelitian. Data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: mind mapping, peningkatan, pemahaman konsep matematis


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

________. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

IMSTEP-JICA. 2000. Monitoring Report on Current Practice on Mathematics and Science Teaching and Learning. Bandung: IMSTEP-JICA.

NCTM. 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston, Virginia: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc. [Online]. [http://www.nctm.org. diakses pada 10 Desember 2015].

Ruseffendi, E. T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sugiarto, Iwan. 2004. Mengoptimalkan Daya Kerja Otak dengan Berfikir Holistik dan Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wowiling, Yoppy X. Pengaruh Metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas VIII Pada Materi Kubus dan Balok. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika. [Online]. [http://www.kim.ung.ac.id. diakses pada 22 April 2016].

Yoga, Djohan. 2008. Applied Real-Time Mind Map at Classroom. [Online]. [http://www.paxhigh.com. diakses pada 10 Desember 2015].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.