DESKRIPSI DISPOSISI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL

Maya Andani, Tina Yunarti, Sugeng Sutiarso

Abstract


This study aimed to describe students mathematical disposition in Socrates contextual learning. The subjects of this study were students of VII B class of SMP Gajah Mada Bandarlampung in academic year of 2015/2016. The data of this study was descriptive qualitative data about students mathematical disposition which were obtained by observation, interview, and documentation. The indicators of mathematical disposition were confidence, curiousity, flexibility, and determination. The data analysis was done in three stages, which were reducting, displaying and verificating of data. Based on the result of this study, it can be concluded that Socrates contextual learning could show students mathematical disposition.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi matematis siswa dalam pembelajaran Socrates kontekstual. Subjek penelitian ini adalah kelas VII B SMP Gajah Mada Bandarlampung tahun ajaran 2015/2016. Data penelitian ini merupakan data kualitatif deskriptif mengenai disposisi matematis siswa yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Indikator disposisi matematis adalah percaya diri, keingintahuan, fleksibel, bertekad kuat. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran Socrates kontekstual dapat memunculkan disposisi matematis siswa.

Kata kunci: disposisi matematis, kontekstual, socrates


Full Text:

PDF

References


Anhar. 2015. Keterampilan Bertanya. [Online]. [http://www.academia.edu. diakses pada 9 Oktober 2015].

Baharun, Hossain. 2014. Metode Pembelajaran Socrates. [Online]. [http://id.scribd.com. diakses pada 9 Oktober 2015].

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas.

Fraenkel, Jack R. dan Norman, E. Wallen. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education, ed. 7. Avenue of Americas. New York: Mc Graw Hill Companie, Inc.

Mahmudi, Ali. 2010. Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis (Makalah Disposisi pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika). [Online]. [http://staff.uny.ac.id. diakses pada 9 Oktober 2015].

Maxwell, Max. 2009. The Socrates Method and its Effect on Critical Thinking. [Online]. [http://www.socratesmethod.net. diakses pada 9 Oktober 2015].

Moleong. 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Natalia. 2013. Menumbuhkan Keberanian Siswa untuk Aktif dalam Pembelajaran. [Online]. [https://natalia778.wordpress.com. diakses pada 15 Maret 2016].

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, Uzer. 2003. Menjadi Guru profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Warman, Dewi. 2013. Hubungan Percaya Diri Siswa dengan Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS di SMA N 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. [Online]. [http://ejournal.unp.ac.id. diakses pada 28 Februari 2016].

Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates Terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.