PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE
Abstract
This quasi experimental research aimed to find out the influence of discovery learning model towards students increasing of mathematical communication skill and self confidence. The design which was used was pretest-posttest control group design. The population of this research was all students of grade eight of SMP 21 Bandar Lampung in academic year of 2015/2016 and the samples of this research were students of VIII A and VIII C class that were determined by purposive random sampling. The data of students mathematical communication skill were obtained by essay test and data of self confidence were obtained by self confidence scale. Based on the result and discussion, it was concluded that the implementation of discovery learning influence towards students increasing of mathematical communication skill but it did not influence towards increasing of self confidence.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII C yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh melalui tes uraian dan data self confidence diperoleh melalui skala self confidence. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran discovery berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, namun tidak berpengaruh terhadap peningkatan self confidence siswa.
Kata kunci: discovery, komunikasi matematis, self confidence
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyani, Fenty Eka. 2014. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 14 Bandung Melalui Penerapan Model Discovery Learning. PTK. Bandung: UPI.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BSNP.
________. 2006. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UPI Edisi Khusus, No. 01, Hlm. 76-89. [Online]. [http://jurnal.upi.edu. diakses pada 15 Oktober 2015].
Fatimah, Fatia. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 16, No. 01, Hlm 40-50. [Online]. [http://download.portalgaruda.org. diakses pada 13 Maret 2016].
Jurdak, M. 2009. Toward Equity in Quality in Mathematics Education. New York: Springer Science+Business Media, LI.C.
Marsa, Bernando Satria. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.
NCTM. 2000. Curriculum and Evaluation Standard for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
OECD. 2013. PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds Know and What They Can Do with What They Know. [Online]. [https://www.oecd.org. diakses pada 18 Oktober 2015].
Suherman, E., Turmudi, Suryadi, D., Tatang, H., Suhendra, Sufyani, P., Nurjanah, dan Ade, R. 2003. Common Text Book: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA FMIPA UPI.
Tukaryanto. 2015. Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Terintegrasi pada Model Pembelajaran Discovery Learning. Skripsi. Surakarta: UMS. [Online]. [https://publikasiilmiah.ums.ac.id. diakses pada 15 November 2015].
Wijayanto, Fajar Ari. 2014. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika. [Online]. [http://eprints.uny.ac.id. diakses pada 08 November 2015].
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.