EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Heizlan Muhammad, Tina Yunarti, Rini Asnawati

Abstract


This research was a quasi experimental research with one group pretest-posttest design. This research was aimed to find out the effectiveness of Socrates contextual learning viewed by students understanding of mathematical concept. The population of this research was all grade seventh students of Junior High School 20 Bandarlampung in academic year of 2015/2016. The sampling technique which was used was purposive sampling. Based on the data analysis, it could be concluded that Socrates contextual learning was effective viewed by students understanding of mathematical concept. However, it was not effective viewed by proportion of students who have good understanding of mathematical concept.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Socrates kontekstual ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran Socrates kontekstual efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep siswa. Namun, tidak efektif ditinjau dari proporsi siswa yang memiliki pemahaman konsep baik.

Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep, Socrates kontekstual


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas.

INAP. 2012. Indonesian National Assesment Programme. [Online]. [http://litbang.kemdikbud.go.id diakses pada 8 Oktober 2015].

NRC. 1989. Everybody Counts: A Report to the Nation on the Future of Mathematics Education. Washington D. C.: National Academy Press

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

TIMSS. 2011. Survei Internasional TIMSS. [Online]. [http://litbang.kemdikbud.go.id. diakses pada 8 Oktober 2015].

Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates Terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi. UPI: Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.