EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Suci Febrika, Sugeng Sutiarso, Caswita Caswita

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning of time token type in terms of students mathematical communication skill. The design which was used was pretest-posttest control design. The population of this research was all students of grade VIII of Junior High School 21 Bandarlampung in academic year of 2015/2016 as many as 304 students which were distributed into ten classes. The samples of this research were students of VIII D and VIII F class that were determined by purposive random sampling. The data of students mathematical communication skill were obtained by essay test. Based on the result and discussion, it was concluded that the implementation of cooperative learning of time token type was not effective in terms of students mathematical communication skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe time token ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 304 siswa yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan VIII F yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh melalui tes uraian. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe time token tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: efektifitas, komunikasi matematis, time token


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dharma Bhakti.

________. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

________. 2006. Kurikulum 2006 Standar Isi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.

Guerreiro, A. 2008. Communication in Mathematics Teaching and Learning: Practices in Primary Education. [Online]. [http://yess4.ktu.edu. diakses pada 31 Oktober 2014].

Napitupulu, Ester L. 2012. Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. Harian Kompas. 14 Desember 2012. [Online]. [http://edukasi.kompas.com. diakses pada 4 November 2015].

NCTM. 2007. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, USA: NCTM, Inc.

Nuraeni, Eni. 2015. Pengaruh Model Time Token dalam Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. [Online]. [http://kdcibiru.upi.edu. diakses pada 15 April 2016].

OECD. 2013. PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds Know and What They Can Do with What They Know. [Online]. [https://www.oecd.org. diakses pada 4 November 2015].

Suherman, E., Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., Suhendra, Prabawanto, S., Nurjanah, Rohayati, A. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UPI JICA.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wardhani, Sri dan Rumiyati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. [Online]. [http://p4tkmatematika.org. diakses pada 4 September 2013].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.