PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Aulia Eka Alzianina, Caswita Caswita, Sri Hastuti Noer

Abstract


This research aimed to find out the influence of problem based learning model towards students mathematical communication skill. The population of this research was all students of grade 8th of SMP Negeri 14 Bandarlampung in academic year of 2015-2016 as many as 422 students that were distributed into thirteen classes. The samples of this research were students of VIII 10 and VIII 11 class that were chosen by purposive random sampling. This research used pretest-posttest control group design. Based on the result of research and discussion, it was concluded that the problem based learning model influences towards students mathematical communication skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 422 siswa yang terdistribusi dalam tiga belas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII 10 dan VIII 11 yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretestposttest control group design. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: komunikasi matematis, pengaruh, problem based learning

Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ansari, B. 2004. Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMU Melalui Strategi Think-Talk-Write. Disertasi. Bandung: UPI.

Arends, Richard I. 2011. Learning To Teach. New York: McGraw Hill.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Eko Jaya.

Fatimah, Fatia. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan. Vol. 16 No. 1, pp. 40-50. [Online]. Diakses di http://download.portalgaruda.org. pada 12 Maret 2016.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Idola, Anas Dian. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Purwokero: Universitas Muhammadiyah Purwokerto. [Online]. [https://fkip.ump.ac.id. diakses pada 22 Maret 2016].

Izzati, Nur dan Suryadi, Didi. 2010. Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY pada 27 November 2010. [Online]. [http://bundaiza.files.wordpress.com. diakses pada 17 Oktober 2015].

Nurhadi. 2004. Pengantar Problem Based Learning, Edisi Kedua. Yogyakarta: Medika, Fakultas Kedokteran UGM.

OECD. 2012. Pisa 2012 Results In Focus: What 15-Year-Olds Know and What They Can Do With What They Know. [Online]. [http://www.oecd.org. diakses pada 18 Oktober 2015].

Permendiknas. 2006. Tujuan Pembelajaran Matematika di Sekolah. [Online]. [https://sdm.data.kemdikbud.go.id diakses pada 7 Mei 2015].

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran yang Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.