EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Titi Andara, Sugeng Sutiarso, Caswita Caswita

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning model of time token type in terms of students mathematical communication skill. The population of this research was all students of grade 8th of State Junior High School 2 Metro in academic year of 2015/2016 as many as 237 students which were distributed into eight classes. The samples of this research were students of VIII-A and VIII-C class that were determined by purposive random sampling. This research used pretestposttest control group design. Based on results of research and discussion, it was concluded that the cooperative learning model of time token type wasnt effective in terms of students mathematical communication skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe time token ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Metro pada tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 237 siswa yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-C yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan pretestposttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran time token tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, time token


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas.

_________. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Mahmudi, M. Ali. 2006. Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. [Online]. [http://eprints.uny.ac.id diakses pada 2 Oktober 2015].

Nuraeni, Erni. 2015. Pengaruh Model Time Token dalam Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. [Online]. [http://kdciburu.upi.edu diakses pada 15 Maret 2016].

OECD. 2012. Pisa 2012 Results In Focus: What 15 Year Olds Know and What They Can Do With What They Know. [Online]. [http://www.oecd.org. diakses pada 2 Oktober 2015].

Simanjuntak, Lisnawaty. 1993. Metode Mengajar Matematika 1. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Walle, John A Van De. 2008. Matematika Pengembangan Pengajaran Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.