EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Evalia Nova Rianti, Rini Asnawati, Haninda Bharata

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning model of think pair square type viewed by students mathematical communication ability. The population of this research was all students of grade 7th of Muhammadiyah Junior High School 3 Bandar Lampung in even semester, academic year of 2015/2016 and the samples of this research were students of VII-B and VII-C class which were chosen by purposive random sampling. This research used posttest only control design. Based on the result of this research, it was gotten the conclusion that the implementation of cooperative learning model of think pair square type wasnt effective viewed by students mathematical communication ability.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think pair square ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B dan VIII-C yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control design. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair square tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, think pair square


Full Text:

PDF

References


Adiputri, Novi Christiastuti. 2014. RI Terendah di PISA, WNA: Indonesian Kids Don't Know How Stupid They Are. [Online]. [http://news.detik.com diakses pada 30 Mei 2015].

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

________. 2013. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Husna. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang, Volume 1, Nomor 2, April 2013, ISSN: 2302-5158. [Online]. [http://www.jurnal.unsyiah.ac.id. diakses pada 10 Januari 2016].

Lie, Anita. 2008. Cooperatif Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

NCTM. 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston, Virginia: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc. [Online]. [http://www.nctm.org. diakses pada 3 Juni 2015].

Sulistyawati, Veronica Linda. 2008. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: FKIP Universitas Sanata Dharma. [Online]. [http://www.library.usd.ac.id. diakses pada 12 Maret 2016].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.