EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Veni Anita Sari, Arnelis Djalil, Rini Asnawati

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning model of Think Pair Share in terms of understanding of mathematical concepts of students. The population of this research was all students ofgrade VII of SMP Negeri 1 Natar in academic year of 2015/2016 that consist of 13 classes. The sample of this research was students of VII-I and VII-J class which were taken by purposive sampling technique. This research design was posttest only control design. The instrument of this research was essay test of understanding of mathematical concepts. Based on the analysis of data, the understanding of mathematical concepts who was taught by TPS learning was better than the understanding of mathematical concepts who was taught by conventional learning and the percentage of students who have good understanding of mathematical concepts was more than 60%. Thus, Think Pair Share cooperative learning model was effective viewed by understanding of mathematical concepts.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari tiga belas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-I dan VII-J yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Instrumen penelitian ini adalah tes uraian pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis data, pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran TPS lebih baik dari pemahaman konsep matematis yang mengikuti pembelajaran konvensional dan persentase siswa yang memiliki pemahaman konsep dengan baik lebih dari 60%. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share efektif ditinjau dari pemahaman konsep siswa.

Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep, think pair share


Full Text:

PDF

References


Anggraini, Aprilia. 2014. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Kota Agung Barat Tahun Pelajaran 2013/2014). (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. [Online]. [http://www.inherentdikti.net. diakses pada 20 September 2015].

_________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. [Online]. [http://www.pustaka.ut.ac.id. diakses pada 21 Januari 2016].

Fristady, Restu. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gedongtataan Kabupaten Pesawaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014). (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Suherman, H. Erman. 2003. Common Textbook (Edisi Revisi), Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: IMSTEP.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sutikno, M. Sobry. 2005. Pembelajaran Efektif: Apa dan Bagaimana Mengupayakannya. Mataram: NTP Press.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.