EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of implementation of problem-based learning model viewed by students mathematical communication skills. The population of this research was students of grade VII of Junior High School of 10 Bandarlampung in academic year of 2015/2016 which were distributed into eleven classes. The sampling of this research used purposive sampling and it was gotten students of VII-B class as samples. The design of this research was one group pretest-posttest. The data of this research were obtained by essay test. The hypothesis testing with mean testing and proportion showed that the implementation of problem-based learning model was not effective viewed by students mathematical communication skills.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model problem-based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih siswa kelas VII B sebagai sampel. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Data penelitian diperoleh melalui tes berupa soal uraian. Hasil uji hipotesis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dan uji proporsi menunjukkan bahwa penerapan model problem-based learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis.
Kata kunci: efektivitas, kemampuan komunikasi, problem-based learning
Full Text:
PDFReferences
Arends, Richard I. 2011. Learning To Teach: Overview of Student Centered Constructivist Models of Teaching. NewYork: The Mc Graw-Hill Companies, Inc.
Luftianingtyas, Yola Citra. 2015. Penerapan Model Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Belief Siswa Jurusan Pendidikan MIPA. (Skripsi). Bandarlampung: Unila.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM.
OECD. 2013. PISA 2012 Result In Focus. [Online]. [http://www.oecd.org. diakses pada 11 Oktober 2015].
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Grafindo.
TIMSS. 2011. Highlights From TIMMS 2011. [Online]. [http://nces.ed.gov. diakses pada 2 April 2016].
Wardhani, Sri dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. [Online]. [http://p4tkmatematika.org. diakses pada 2 April 2016].
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.