PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS

Ayu Nirmala Dewi, Pentatito Gunowibowo, M. Coesamin

Abstract


This quasi experimental research aimed to determine the increasing of mathematical communication skills and dispositions of students who though by PBL compared to conventional learning. The design which was used was pretest-posttest control group design. The population of this research was all students of grade VIII of SMP Tri Sukses Natar South Lampung regency in the academic year of 2015/ 2016 and samples of this research were students of VIII-B and VIII-C class that were determined by purposive random sampling. Based on the research results, it was concluded that the implementation of problem based learning model could not increase student's mathematical communication skills, but it could increase student's mathematical disposition.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang mengikuti PBL dibandingkan dengan konvensional. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Tri Sukses Natar Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/ 2016 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-B dan VIII-C yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model problem based learning tidak dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, namun dapat meningkatkan disposisi matematis siswa.

Kata kunci: disposisi matematis, komunikasi matematis, problem based learning


Full Text:

PDF

References


Choridah, Dedeh Tresnawati. 2013. Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung Vol. 02, No. 02, Hlm. 194-202. [Online]. [http://www.ejournal.stkipsiliwangi.ac.id. diakses pada 13 Oktober 2015].

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Kusuma, Dwi Candra. 2014. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Vol. 02, Hlm. 452-458. [Online]. [http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id. diakses pada 13 Oktober 2015].

Muzayyanah, Arifah. 2009. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) di SMA Negeri 1 Godean. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika Sekolah. PM. 27, Hlm. 300-318. [Online]. [http://staff.uny.ac.id. diakses pada 30 Maret 2015].

Napitupulu, Ester L. 2012. Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. Harian Kompas. 14 Desember 2012. [Online]. [http://edukasi.kompas.com. diakses pada 30 Juni 2014].

National Council of Teacher of Mathematics. 2004. CSSU Math Frameworks. [Online]. [http://www.cssu.org. diakses pada 26 Maret 2015].

OECD. 2013. PISA 2012 Results in Focus. [Online]. [http://oecd.org. diakses 13 Oktober 2015].

Pannen, P. 2001. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: PAUPPAI.

Sumarmo, U. 2011. Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung Vol. 1 ISBN 978-602-19541-0-2. [Online]. [http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id. diakses pada 10 November 2015].

______________. 2010. Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Makalah Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UPI. [Online]. [http://s3.amazonaws.com. diakses pada 10 November 2015].

Syaban, Mumun. 2009. Menumbuhkembangkan Daya dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Investigasi. Jurnal Pendidikan Vol. 03, No. 02, Hlm. 129-136. [Online]. [http://file.upi.edu. diakses pada 26 Oktober 2015].

Wardhani, Sri. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. [Online]. [http://p4tkmatematika.org. diakses pada 13 Oktober 2015].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.