PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 20 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 244 siswa dan terdistribusi ke dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII F dan VIII G yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis dan skala self confidence. Kesimpulan dari penelitian ini adalah problem based learning ber-pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, namun tidak berpengaruh terhadap self confidence siswa.
Kata kunci: komunikasi matematis, problem based learning, self confidence
Full Text:
PDFReferences
Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group.
Chester, Mitchell D. 2014. PISA 2012 Results. Massachusetts: Department of Elementary and Secondary Education. [Online]. [http://www.doe.mass.edu. diakses pada 14 Oktober 2015].
Depdiknas. 2006. KurikulumTingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Depdiknas.
Gitariana, I Dewa Gede Wahyu. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Online untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Online. Vol. 2, No. 1 Tahun 2014. [Online]. [http://ejournal.undiksha.ac.id. diakses pada 4 Januari 2016].
Hastuti, Windha Puri. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Melalui Strategi Problem Based Learning. Artikel Publikasi Ilmiah. [Online]. [http://eprints.ums.ac.id/ diakses pada 17 Februari 2016].
Izzati, Nur. 2010. Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan MatematikaUNY 27 November 2010. FMIPA UNY. [Online]. [https://bundaiza.wordpress.com. diakses pada 5 November 2015].
Jurdak, Murad. 2009. Toward Equity in Quality in Mathematics Education. New York: Springer Science + Business Media, LI.C.
Marsa, K. A. Bernardo Satria. 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidence. Jurnal Online Vol. 2 No. 6 Tahun 2014. [http://jurnal.fkip.unila.ac.id/ diakses pada 4 Januari 2016].
Mullis, I. V.S., Martin, M. O., Foy, P., dan Arora, A.. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center. [Online]. [http://timss.bc.edu. diakses pada 20 Oktober 2015].
Nastiti, Galuh Endar. 2012. Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Based Learning dan Team Quiz Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Siswa Jurnal Online. [http://www.pbltt2011.mfu.ac.th. diakses pada 8 Februari 2016].
Raharjo, Jajo Firman. 2015. Pencapaian Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pengembangan Pembelajaran Matematika Model Problem-Based Learning Siswa SMA. Jurnal Online Vol. 2 No. 1 Tahun. 2015 Hal. 137-238. [Online]. [http://www.fkip-unswagati.ac.id. diakses pada 4 Januari 2016].
RMIT. 2009. Developing Self Confidence, Self Esteem and Resilience. Melbourne: Royal Melbourne Institute of Technology Counselling Service.
Wardhani, Sri dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. [Online]. [http://p4tkmatematika.org. diakses pada 15 Oktober 2015].
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.