PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Adi Suripto, Caswita Caswita, Haninda Bharata

Abstract


This research was aimed to know the influence of cooperative learning model of think pair share type towards students mathematical communication skill. This research was quasi experiment with post-test only control group design. The population of this research was all students of grade IX in SMP Negeri 20 Bandar Lampung which consist of seven classes. The samples of this research were students of IX B as experiment class and students of IX A as control class that were selected by purposive random sampling. The data of this research was the score of post-test of students mathematical communication skill and it was analyzed by t-test. Based on the analysis of data, it was concluded that the cooperative learning model of think pair share type influence in students mathematical communication skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan ekperimen semu dengan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Negeri 20 Bandar Lampung yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX A sebagai kelas kontrol yang dipilih secara purposive random sampling. Data penelitian ini berupa skor postes kemampuan komunikasi matematis siswa dan dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: komunikasi matematis, pembelajaran kooperatif, think pair share


Full Text:

PDF

References


Ansari, Budi. 2004. Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMU Melalui Strategi Think-Talk-Write. Disertasi. Bandung: UPI.

Arihi dan Iru. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Jogjakarta: Multi Presindo.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UPI Edisi Khusus. No.01. Hlm. 76-89. [Online]. [http://jurnal.upi.edu. diakses pada 1 Juli 2015].

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Izzati, Nur. 2010. Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, tanggal 27 November 2010. [Online]. https://bundaiza.files.wordpress.com. diakses pada 8 Januari 2016].

Latuheru, John D. 1988. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: P2LPTK.

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana: Indonesia.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Ruddock, G.J., OSullivan, C.Y., dan Preuschoff, C. 2012. TIMSS 2011 International Result in Mathematics. TIMSS & PIRLS International Study Center dan International Association for the Evaluation of Education.

Mulyana, D. 2005. Komunikasi Efektif. Bandung: Rosda.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suherman, Eman, dkk. 2003. Common Text Book: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA FMIPA UPI.

Sutikno, M. Sobry. 2005. Pembelajaran Efektif. Mataram: NTP Pres.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruksivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wardhani, Sri dan Rumiati. 2013. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. [Online]. [http://p4tkmatematika.org. diakses pada 2 September 2014].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.