EFEKTIVITAS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Ahmad Ansori, Pentatito Gunowibowo, M. Coesamin

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of problem based learning viewed by mathematical communication skill of students, with the population was all students of grade 7th of SMP Negeri 19 Bandar Lampung in academic year of 2015/2016. The sample of this research was students of two classes which was determined by purposive random sampling technique. The design of this research was posttest only control group design. Based on the analysis of data, it was concluded that problem based learning was more effective than conventional learning viewed by mathematical communication skill of students but not effective viewed by minimum criteria of students mastery learning.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah siswa dari dua kelas yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa problem based learning lebih efektif daripada pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, namun tidak efektif ditinjau dari kriteria ketuntasan minimal belajar siswa.

Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, problem based learning


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas.

________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. [Online]. [http://jurnal.upi.edu., diakses pada 17 Agustus 2015].

Kemendikbud. 2015. Hasil Ujian Nasional SMP Tahun 2015. [Online]. [http://www.kemdiknas.go.id., diakses pada 5 Oktober 2015].

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. [Online]. [https://www.nctm.org., diakses pada 23 Mei 2015].

Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda.

UNDP. 2014. HDI Values and Rank Changes in The 2014 Human Development Report. [Online]. [http://www.hdr.undp.org., diakses pada 23 Mei 2015].

Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.