EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

Muthi'ah Karimah, Arnelis Djalil, M. Coesamin

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of problem based learning viewed by students mathematical representation skill. The population of this research was all students of grade seven of SMPN 4 Bandarlampung that were distributed into 12 classes. The samples of this research were students of VII-C and VII-B class that were chosen by purposive random sampling. This research used pretest-posttest control design. Based on the result of this research, it was concluded that the implementation of problem based learning model wasnt effective viewed by students mathematical representation skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bandarlampung yang terdistribusi dalam 12 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-C dan VII-B yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan pretestposttest control design. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model problem based learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, problem based learning, representasi matematis


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Depdiknas. 2008. Strategi Pembelajaran MIPA. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Hudiono, Bambang. 2005. Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Daya Representasi pada Siswa SLTP. Disertasi. Bandung: UPI.

Kartini. 2009. Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional. (Online). (http://eprints.uny.ac.id., diakses pada 14 April 2015)

Mudzakir, Hera Sri. 2006. Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Beragam SMP. Tesis. Bandung: UPI.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston. VA: NCTM.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Sutikno, M. Sobry. 2007. Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Mataram: NTP Press.

TIMSS. 2011. TIMSS 2011 Results. (Online). (http://nces.ed.gov., diakses 10 Januari 2015)

Widarti, Sulis. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.