EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN LANGSUNG TERHADAP GERAK DASAR FLYING SHOOT
Sari
This study aimed to determine how much the influence of the audio visual and direct learning model against the basic motion of handball flying shoot at SMPN 2 Waytenong. This researchused comparative experimental research methods, The population were 159 people . with a sample of 40 people. Sampling technique used random sampling. The results showed that there is significant effect between audio-visual learning to handball flying shoot at SMPN 2 Waytenong. There is significan effect between direct learning to handball flying shoot at SMPN 2 Way tenong . And there is no difference between the audio-visual learning and direct. it can be wacludet that audio-visual and direct influence on learning flying shoot learning but the two methods didnt give any significant difference.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran audio visual dan langsung terhadap gerak dasar flying shoot bola tangan SMPN 2 Waytenong. Metode penelitian eksperimen komparatif, Populasi berjumlah 159 orang. dengan sampel berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan menggunakan sampel random sampling. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh yang segnifikan antara pembelajaran audio visual terhadap flying shoot bola tangan pada siswa SMPN 2 Waytenong. Ada pengaruh yang segnifikan antara pembelajaran langsung terhadap flying shoot bola tangan pada siswa SMPN 2 Waytenong. Dan tidak terdapat perbedaan antara pembelajaran audio visual dan langsung. Dapat disimpulkan pembelajaran audio visual dan langsung memiliki pengaruh terhadap pembelajaran flying shoot tetapi kedua metode tidak memiliki perbedaan yang signifikan.
Kata kunci : audio visual, gerak dasar, pembelajaran langsung, flying shoot.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arends, R. 2009. Clasrom Intructional Management. Dalam Trianto. 2O11. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana
Arikunto, S. 2006. Hipotesis Penelitian. Bandung: PT Rosda.
Hamzah, B.U. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta:
Direktorat Jendral Olahraga. Depdiknas.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.
Satori, D. 2008. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka
Soekanto, S. 1984. Pengantar penelitian. Jakarta: Ui-press
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##