PENGARUH CIRCUIT TRAINING DAN INTERVAL TRAINING TERHADAP HASIL VO2MAX SISWA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET
Sari
This study aimed to determine the effect of circuit training and interval training on VO2max basket ball extracurricular students. The population in this study were basketball extracurricular students with the sample used as research population were 60 students. The method used experimental (true experiment), while the research design used pretest-posttest control group design. Data collection techniques to test VO2max used the (bleep test). Data were analyzed by using Analysis of Variance (ANOVA). Results of circuit training gained an average of 48.95 final test scores, interval training group gained an average of 44.89, and the control group gained an average of 30.44. So there is a significant effect of circuit training on VO2max results. The conclusion of the study was circuit training better than interval training or a control group against VO2max.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh circuit training dan interval training terhadap VO2Max siswa ekstrakurikuler bola basket. Populasi pada penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler bolabasket dengan sampel yang digunakan keseluruhan jumlah populasi sebanyak 60 siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen (true experiment), sedangkan desain penelitian yang digunakan yakni pre test-post test control group design. Teknik pengambilan data untuk test VO2Max menggunakan (bleep test). Teknik analisis data menggunakan Analisis Of Varians (ANOVA). Hasil circuit training diperoleh rata-rata nilai tes akhir 48,95, kelompok interval training diperoleh rata-rata 44,89, dan kelompok kontrol diperoleh rata-rata 30,44. Jadi ada pengaruh yang signifikan dari circuit training terhadap hasil VO2Max. Kesimpulan dari penelitian adalah circuit training lebih baik dari interval training maupun kelompok kontrol terhadap VO2Max
Kata kunci : bleep test, circuit training, interval training, VO2Max.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Revisi ke-V. Jakarta: Rineka Cipta.
Harrow, J.A. 1997. Taxonomy of educational objective: the clasification of educational goals. London: Longmans
Harsono. 2001.Coaching dan Aspek-Aspek Psikologi Dalam Coaching. Jakarta: Proyek Pengambangan Lembaga Pendidikan
Hidayat, I. 2006. Teori senam. Bandung: FPOK IKIP
Nazir. 1988. Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia
Soekarman. 1987. Dasar Olahraga Untuk Pembina Dan Atlet. Jakarta: Inti Idayu Press
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##