PENGARUH PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan passing atas bola voli dengan menggunakan pendekatan paikem terhadap siswa SMP N 3 Terusan Nunyai.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Dengan populasi siswa SMP N 3 Terusan Nunyai kelas VII, dan diambil populasi sampel dengan jumlah 28 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Teknik pengumpulan data untuk meningkatkan pembelajaran bola voli passing atas menggunakan pendekatan paikem dengan menggunakan indikator - indikator dari penelian keterampilan dasar bermain bola voli. Analisis data hasil tes awal dan tes akhir menggunakan uji t perbedaan dan uji t pengaruh.
Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan yang signifikan dengan menggunakan pembelajaran paikem. Pada penelitian ini siswa mengalami kesulitan pada pembelajaran pasing atas bola voli, pada treatmen menyenangkan beberapa siswa saja yang bisa mengikuti pembelajaran pasing atas bola voli sedangkan pada treatment aktif, inofatif, kreatif dan efektif siswa lebih sulit mengikuti pembelajaran pasing atas bola voli. Sehingga dalam penelitian ini terjadi peningkatan yang signifikan.
Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran pasing atas bola voli dengan pendekatan paikem kurang dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam materi bola voli pasing atas.
Kata kunci : passing atas, bola voli, pembelajaran paikem
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Adang Suherman.2000. Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta: Depdikbud.
Agus Mahendra. 2004. Azas dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Jakarta:Depdiknas.
Amung Ma’mum & Toto Subroto. 2001. Pendekatan Keterampilan Taktis Dalam Permainan Bola voli Konsep & Metode Pembelajaran. Jakarta:Depdiknas.
A. Sarumpaet, Zulfar Djazet dan Imam Sadikun. 1992. Permainan Bola Besar. Jakarta: Depdikbud.
Beltasar Tarigan. 2001. Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Sepakbola. Jakarta: Depdiknas.
Buhar Suharto. 1997. Pendekatan dan Teknik dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Tarsito.
Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka. 2003.
Depdiknas .2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.Jakarta: Depdiknas.
Dieter Beutelstahl. 2005. Belajar Bermain Bola Volley. Bandung: Pioner Jaya.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Gerhard Durrwachter. 1990. Bolavoli Belajar dan Berlatih Sambil Bermain. Jakarta: PT. Gramedia.
Hj Gino, dkk. 1998. Belajar dan Pembelajaran II. Surakarta. UNS.
M. Yunus. 1992. Bolavoli Olahraga Pilihan. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Nana Sudjana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru. Nurhasan. 1986. Buku Materi Pokok Tes dan 10 Pengukuran. Jakarta.
Karunika Universitas Terbuka. PBVSI. 1995. Jenis-jenis Permainan Bola Voli . jakarta:Sekretariat Umum PP. PBVSI
Rusli Lutan. 1988. Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode. Depdikbut Direktorat Jendral Tinggi. Jakarta.
Saiful Sagala.2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung, CV,
Alfabet Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta : PT. Rineka Cipta Soedarwo, dkk. 2000.
Teori dan Praktek Bpla Voli Dasar. Surakarta : UNS Press
Sudjana. 1992. Metode Statistika. Bandung : Tarsito Sugiyanto. 1998. Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta : Depdikbud
Suharsimi Arikunto. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta.
Bumi Aksara .2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : PT. Rineka Cipta Sukintaka. 2004.
Teori Pendidikan Jasmani Filosofi Pembelajaran dan Masa Depan. Bandung : Yayasan Nuansa Cendikia Universitas Lampung. 2008. Format Penulisan Karya Ilmiah. Universitas Lampung.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##