PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN BAGIAN DAN KESELURUHAN TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR LOB BULUTANGKIS
Sari
This research aimed to know the comparation of the part and whole of teaching method to basic movement of lob ability to extracurricullar badminton of Elementary School 1 Pekalongan. The kind of this research was experiment with 45 student as the population. The distribution of the group was based on Ordinal Pairing. The instrument used was french stalter badminton test validity of 0.6 and reability of 0.96. While the data analysis technique was using anava. The research results showed : first, there is an increase of the basic movement ability of lob using the part of teaching method. Second, there is an increase of the basic movement ability of lob using the whole of teaching method. Third, the part of teaching method is better to increase the skill of basic movement of lob. So the conclusion is using the part of teaching method has better result than the whole of teaching method to the students badminton extraculiculer.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan metode pembelajaran bagian dan keseluruhan terhadap keterampilan gerak dasar lob pada siswa ekstrakurikuler bulutangkis di SD N 1 Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan populasi sebanyak 45 siswa. Pembagian kelompok berdasarkan Ordinal Pairing. Instrumen yang digunakan adalah french stalter badminton test dengan validitas 0,60 dan tingkat reliabilitas 0,96. Sedangkan teknik analisis data menggunakan anava. Hasil penelitian menunjukan: pertama, ada peningkatan keterampilan gerak dasar lob dengan menggunakan metode pembelajaran bagian. Kedua, ada peningkatan keterampilan gerak dasar lob dengan menggunakan metode pembelajaran keseluruhan. Ketiga, Metode pembelajaran bagian lebih baik dalam meningkatkan keterampilan gerak dasar lob. Maka dapat peneliti simpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran bagian memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran keseluruhan.
Kata kunci: bagian, keseluruhan, lob, metode, perbandingan.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bahri, S. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Depdiknas. 2004. Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas.
Harsono. 1988. Coaching Dan Aspek- Aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta: CV Tambak Kusuma.
Lutan, R. 1998. Belajar Keterampilan Motorik. Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Dirjen Dikti, PPLPTK.
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Muhajir. 2007. Silabus Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan. Bandung: Erlangga.
Pate. 1993. Dasar- Dasar Kepelatihan Ilmiah terjemahan Kasiyo Dwijowinoto. Semarang: IKIP Semarang.
PBSI. 2003. Pedoman Praktis Bermain Bulutangkis. Jakarta: PB. PBSI.
Sajoto. 1988. Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Jakarta: Depdiknas.
Sugiarto, I. 2002. Total Badminton. Solo: CV. Setyaki Eka Anugrah.
Sugiyanto. 1996. Belajar Gerak. Jakarta: KONI Pusat.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##