DAMPAK KURIKULUM 2013 TERHADAP KINERJA GURU PENJAS SLTA (SMA, SMK) SEBANDAR LAMPUNG

Indri Julianti Afnil, Rahmat Hermawan, Wiyono Wiyono

Sari


This study aimed to find the impact of the 2013 curriculum on the performance of high school physical education teacher in Bandar Lampung. The results are expected useful as information material on the impact of 2013 curriculum against teachers performance in order to improve the quality of learning. The method used in this study was a qualitative method. The population in this study were all teachers who teach in high school which applied 2013 curriculum in Bandar Lampung. Data collection techniques used interviews, questionnaires, and documentation. From these results it can be concluded that the 2013 curriculum had a significant impact on the performance of teachers. This could be seen from the increasing of the teachers competence to be better as it has been described by students and the principal, such as pedagogical, personality, social and professional competency.

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mencari dampak kurikulum 2013 terhadap kinerja guru penjas SLTA Se-Bandar Lampung. Hasil penelitian diharapkan bermanfaat Sebagai bahan informasi tentang dampak kurikulim 2013 terhadap kenerja guru dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di SLTA yang menerapkan kurikulum 2013 di Bandar Lampung. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kurikulum 2013 memberikan dampak yang baik terhadap kinerja guru. Hal ini terlihat dari peningkatan kompetensi guru menjadi lebih baik seperti yang telah diuraikan oleh siswa dan kepala sekolah, seperti kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan kopetensi profesional.

Kata kunci : dampak, kinerja guru penjas slta se-bandar lampung, kurikulum 2013.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Hall and Lindzey. 1970. Theories of Personality. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, J. Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Nasution. 2003. Metode Research. Bandung: PT Jemar

Print, Murray. 1993. Curriculum Development and Design. Arkansas: Allen & Unwin

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Wibowo. 2008. Manajemen Kerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo