PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN JUMP SHOOT

Redie Setiawan, Usman Adam, Frans Nurseto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan data secara empiris mengenai perbandingan metode pembelajaran langsung dan tidak langsung terhadap kemampuan jump shoot dalam permainan bola basket pada siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono tahun ajaran 2011/2012.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Dengan populasi adalah siswa putra kelas IX SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono, dan diambil sampel berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan format penilaian kemampuan jump shoot yang diberi nilai dengan bobot 1-3. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t perbedaan dan uji-t pengaruh.
Hasil penelitian menunjukkan: pertama, metode pembelajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan jump shoot dengan rata-rata tes awal 6,3 dan tes akhir 8,3. Kedua, metode pembelajaran tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan jump shoot dengan rata-rata tes awal 6,2 dan tes akhir 7,1.Ketiga, metode pembelajaran langsung lebih berrpengaruh terhadap kemampuan jump shoot dalam permainan bola basket pada siswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono tahuun ajaran 2011/2012. Jadi metode pembelajaran langsung lebih berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan jump shoot.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


A.Prusak, Keven.2007. Permainan Bola Basket.Yogyakarta.Intan Sejati.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

FIBA. 2004. Bola Basket Untuk semua. Bidang III PB PERBASI : Jakarta

Jon Oliver. 2007. Dasar-Dasar Bola Basket. Bandung : Pakar Raya


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo