EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAK DASAR KAYANG DENGAN BANTUAN TEMAN, DINDING DAN GYMBALL

Angger Budi Angkasa, Rahmat Hermawan, Wiyono Wiyono

Sari


This study aims to improve and enhance the learning process of basic motion bridge with the help of a friend, wall and gymball. This type of research is Classroom Action Research using three cycles. While the research subjects were fourth graders who totaled 26 students, consisting of 16 boys and 10 girls. Data was collected by observation scale assessment bridge basic motion. The results showed: that the first cycle assessment obtained mastery learning success percentage 26.92%, while 44.93% effectiveness rate that means action has not been effective. In the second cycle of mastery learning gained success percentage 46.16%, while 49.80% effectiveness rate that means action has not been effective. In the third cycle gained mastery learning success percentage 84.61%, with 78.07% effectiveness rate calculation.

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran gerak dasar kayang dengan menggunakan bantuan teman, bantuan dinding dan bantuan gymball. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan tiga siklus. Sedangkan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 16 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan skala observasi penilaian gerak dasar kayang. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa penilaian siklus pertama diperoleh persentase keberhasilan ketuntasan belajar 26,92%, sedangkan tingkat efektivitas 44,93% itu berarti tindakan belum efektif. Pada siklus kedua diperoleh persentase keberhasilan ketuntasan belajar 46,16%, sedangkan tingkat efektivitas 49,80% itu berarti tindakan belum efektif. Pada siklus ketiga diperoleh persentase keberhasilan ketuntasan belajar 84,61%, dengan perhitungan tingkat efektivitas 78,07%.

Kata kunci : bantuan teman, dinding, gerak dasar kayang, gymball, peningkatan.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhajir. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Kaji Tindak. Yogyakarta: BPGSD.

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara

Soekamto dan Winataputra. 1996/1997. Model Pembelajaran. Surabaya: Giri. Surya.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo