LATIHAN KELENTUKAN KONTRAKSI-RELAKSASI (PNF) DAN KELENTUKAN STATIS TERHADAP KETERAMPILAN GERAK KAYANG
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan kelentukan kontraksi-relaksasi (PNF) dan kelentukan statis terhadap keterampilan gerak kayang pada siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Gading Rejo tahun ajaran 2012/2013. Dan diharapkan bermanfaat bagi peneliti dan guru penjaskes sebagai bahan mengajar dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran penjaskes khususnya keterampilan gerak kayang pada senam lantai.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Subyek yang digunakan adalah siswa-siswi kelas X.3 SMA Negeri 1 Gading Rejo yang berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan Tes dan instrumen.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kedua jenis latihan antara kelentukan kontraksi-relaksasi (PNF) dan kelentukan statis terhadap keterampilan gerak kayang sama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap gerak kayang. Latihan kelentukan kontraksi-relaksasi (PNF) memiliki pengaruh lebih besar terhadap keterampilan gerak kayang dibandingkan dengan latihan kelentukan statis, hal ini dapat dilihat dari hasil penghitungan data yang diperoleh. Peningkatan rata-rata pada kelompok latihan kelentukan kontraksi-relaksasi sebesar 11,989 sedangkan pada kelompok latihan kelentukan statis peningkatannya sebesar 5,88. Jadi dapat disimpulkan bahwa keterampilan dan kemampuan gerak kayang pada kelompok latihan kelentukan kontraksi-relaksasi jauh lebih baik dibandingkan dengan kelompok latihan kelentukan statis.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto Suharsimi.1996. Prosedur Penelitian. PT. Rineka Cipta : Jakarta.
Arikunto Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Depdiknas. 2004. Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depdiknas. Jakarta.
Eddy Suparman. 2000. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta.
Faisal Sanafiah (1982). Metodologi Penelitian Pendidikan. Usaha Nasional : Surabaya
Hadi Sutrisno (1984). Metodologi Research. Fakultas Psikologi ; Yogyakarta.
Harsono (1988). Coaching dan aspek-aspek psikologis dalam coaching. P2LPTK : Jakarta
Jubaedi Ade.2009. Bahan Ajar Senam 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung : Bandar Lampung.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##