PERBANDINGAN PEMBELAJARAN PERORANGAN DAN KELOMPOK TERHADAP GERAK RENANG GAYA DADA
Sari
Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data yang diperoleh dari tes pengukuran pada penelitian ini adalah: Rata-rata keterampilan gerak dasar renang gaya dada melalui model pembelajaran perorangan meningkat sebesar 36,900, demikian pula rata-rata keterampilan gerak dasar renang gaya dada dengan model pembelajaran kelompok meningkat sebesar 28,300. Hasil analisis uji beda ternyata keterampilan gerak dasar renang gaya dada menggunakan model pembelajaran perorangan lebih meningkat signifikan dari pada model kelompok maupun kontrol (tanpa perlakuan).
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan gerak dasar renang gaya dada menggunakan model pembelajaran perorangan (individual teaching) lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran kelompok (group teaching) pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 8 Bandar Lampung.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi V. Rineka Cipta. Jakarta.
Djamarah Bahri Syaiful dan Zain Aswan. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Dumadi dan Kasiyo Dwijowinoto. 1992. Renang. Materi Metode Penelitian. Depdikbud. Jakarta
Lutan, Rusli. 1998. Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode. Depdikbud. Jakarta.
Lutan, Rusli dan Toho Cholik M. 1996/1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Dirjen Dikti Depdikbud. Jakarta.
Maglisho, Ernest W. 2003. Swimming Fasttest. Human Kinetics. New Zealand.
Sujana. 1992. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung.
Surakhmad, Winarno. 1982. Pengantar Pendidikan Ilmiah Dasar Metode dan Teknik. Tarsito. Bandung.
Tim Penyusun. 2012. Format Penulisan Karya Ilmiah. Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##