KONTRIBUSI FLEKSIBELITAS TERHADAP KECEPATAN RENANG GAYA DOLPHIN (TANPA GERAKAN TANGAN)
Sari
This study aims to determine flexibility contributions to the style of dolphin swimming speed (no hand movement) in penjas student 2012 Unila academic year 2014. Methodology used is correlation. The method used is quantitative research , as well as using the Student penjas force Unila 2012 academic year 2014. Its population is a population sample of 60 students. From the results of that research can no Flexibility Contributions to the style of dolphin swimming speed (no hand movement) by 0.73 (53.29 %). This means that there is a positive relationship between Flexibility to style dolphin swimming speed (no hand movement) outdoor sports. There fore coaches or teachers in order to improve the ability to provide exercise Flexibility exercise Flexibility without forgetting the nature of the other components.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi fleksibelitas terhadap kecepatan renang gaya dolphin (tanpa gerakan tangan) pada mahasiswa penjas unila angkatan 2012 tahun ajaran 2014. Metedologi penelitian yang digunakan adalah korelasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kwantitatif, serta menggunakan pada mahasiswa penjas unila angkatan 2012 Tahun ajaran 2014. Populasinya merupakan populasi sample yang berjumlah 60 mahasiswa. Dari hasil penelitian di dapat bahwa ada kontribusi fleksibelitas terhadap kecepatan renang gaya dolphin (tanpa gerakan tangan) sebesar 0,73 (53,29 %). Hal ini berarti adanya hubungan yang positif antara fleksibelitas terhadap kecepatan renang gaya dolphin (tanpa gerakan tangan) cabang olahraga renang. Oleh karena itu seorang pelatih atau guru agar dapat meningkatkan kemampuan fleksibelitas dengan memberikan latihan yang sifatnya melatih fleksibelitas tanpa melupakan komponen yang lainnya.
Kata kunci: fleksibelitas, gaya dolphin, kecepatan, renang
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Dewey, John. 2005. How We Think. Boston: D.C. Health and Co.
Fina, Winata. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Prestasi Pustaka Phublisher.
Harsono. 1988. Coaching Dan Aspek – Aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta : Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Heri, Drs. Zulfah. 1998.. Renang dan Metodik Untuk SGO. Editor Dong Kamtomo Jakarta: P.T. Karya Unipress
Kasiyo, Dwijoyowinoto. 1980. Renang Perkembangan Pengajaran Teknik dan Taktik. Semarang: IKIP Semarang.
Lutan, Rusli. 1988. Belajar Ketrampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Departemen P&K Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta
Richardson. 1986. Swimming Coaching. Ramsbury, Melborough: Crowood Press
Samsudin. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sudjana, Nana. 2006. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Suharsimi, Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Suparman, Eddy. 2000. Teori Belajar Motorik. FPOK UPI seri Bahan Ajar. Tidak diterbitkan
Syam, Nadwi. 1998. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Semarang: Dahara Prize.
Uram, Paul.1986. Latihan Peregangan. Jakarta: Akademi Presindo.
Vicklund, Andreas. 1995. The Athlete Guide; Increasing Strength, Power and Agility. West Nyak, N.Y: Parker Publishing Company.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##