UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR LOMPAT JAUH GAYA HANG STYLE MELALUI METODE DRILL

Eka Yuniawati, Surisman Surisman, Akor Sitepu

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya menggantung melalui latihan drill dengan alat bantu pada siswa kelas X1 di SMA Negeri 1 Trimurjo. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Trimurjo kelas X1 yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data diambil dari tes berupa pengamatan keterampilan gerak dasar yang meliputi posisi awal, posisi persiapan, posisi akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan gerak dasar lompat jauh gaya menggantung melalui latihan drill penggunaan alat tes holahop, keset, dan tiang bambu pada setiap siklusnya, adapun peningkatan pada setiap siklus adalah sebagai berikut: siklus pertama sebesar 50%, siklus kedua sebesar 63%, dan siklus ketiga sebesar 91%.

This study aims to determine the improvement of learning outcomes basic motion long jump style hanging through drill practice with the tools for X1 grade students at SMAN1 TRIMURJO. The method used in this study is classroom action research. Subjects in this study were students of SMAN 1 TRIMURJO class X1 total 32 students. Collection of data taken from the test observations form the basis of movement skills that include initial position, the position of the preparations, the end position. Results of this study showed an increase in basic motor skills through the hanging style long jump drill exercise test kits use holahop, mats, and bamboo poles at each cycle, while the increase at each cycle are as follows the first cycle is 50%, the second cycle is 63%, and third cycle is 91%.

Kata kunci: hang stlye, kemampuan, metode drill


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi dkk. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Ballesteros, Jose Manuel. 1993. Pedoman Dasar Melatih Atletik. Alih bahasa Program Pendidikan dan Sistem Sertifikasi, Pelatihan Atletik PASI. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta:Bumi Aksara

Jonath. 1987. Atletik. Jakarta: PT. Rosda Jayaputra

Lutan, Rusli. 1988. Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Depdikbud Dirjen Dikti PPLPTK. Jakarta.

Muhajir. 2008. Teori dan Praktik Pendidikan Jasmani Untuk SMP Kelas VII. Yudistira. Jakarta.

Roestiyah N.K. 1998. Ditatik Metodik. Jakarta: Bumi Aksara

Shalahuddin, Mahfud. 1987. Metodologi Pengajaran Agama. Surabaya: Bina Ilmu

Sudjana. 1996. Metode Statistik. Bandung:Tarsito.

Sujiono. 1997. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Surisman. 2007. Format Penulisan Karya Ilmiah. Universitas Lampung: Bandar Lampung.

Soekamto, T dan Winataputra, Udin.1997. Teori Belajar dan Model- Model Pembelajaran. Dekdikbud. Jakarta.

Syaifuddin, Aip. 1992. Atletik. Jakarta : Depdikbud

Yudha. 2000. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Depdiknas

Zuhairini 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Suarabaya: Usaha Nasional.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo