Pengaruh Latihan Lari Naik Dan Turun Tebing Terhadap Peningkatan VO2max Atlet Karate Specialist Kumite Club

M Taufik, Heru Sulistianta, Joan Siswoyo, Ade Jubaedi

Sari


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latihan lari naik dan turun Tebing terhadap peningkatan VO2Max atlet Karate Specialist Kumite Club.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen murni. Populasi berjumlah 30 atlet dan teknik sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 30 atlet. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik bleep test untuk mengukur VO2Max atau penyerapan oksigen maksimal seorang atlet. Analisis data penelitian menggunakan analisis uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan dari kelompok eksperimen latihan lari naik dan turun tebing terhadap peningkatan VO2Max dengan nilai (t hitung = 7,850 > t tabel = 2,145). 2) Tidak ada pengaruh dari kelompok kontrol terhadap peningkatan VO2Max atlet, dengan nilai (t hitung = 0,468 > t tabel = 2,145). 3) Ada perbedaan VO2Max yang signifikan antara kelompok eksperimen dan atlet kelompok kontrol, dengan nilai (t hitung 2,298 > t tabel 2,048). Dilihat dari hasil akhir nilai (t hitung 2,298 > t tabel 2,048) maka artinya pada tes akhir ada perbedaan VO2Max yang signifikan antara atlet Specialist Kumite Club dan atlet kelompok kontrol.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo