PERBANDINGAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE KOMANDO TERHADAP KEMAMPUAN MENENDANG BOLA

Engga Frastya, Suranto Suranto, Akor Sitepu

Sari


This study aims to determine the comparative method and the demonstration of the ability of the method command kicking the ball, and the significant influence of exercise demonstration and command methods that enhance the ability to kick the ball. Data collecting techniques to test the ability of kicking the ball using the test kicking, in the analysis of data is the data from the initial test and final test, calculate the initial test results and test results using the final kick t-test data analysis, with requirements analysis Normality Test, Test Homogeneity , and hypothesis Testing. Results of data analysis showed that there were no differences in outcomes between the groups kicking the ball demonstration methods and methods of command to the acquisition - t value = - 0.127 ≥ - t table = -2.017 at significant level of 0.05 or 95% confidence level.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan metode demonstrasi dan metode komando terhadap kemampuan menendang bola, dan pengaruh yang signifikan antara latihan metode demonstrasi dan komando sehingga meningkatkan kemampuan menendang bola. Teknik pengambilan data untuk tes kemampuan menendang bola ini menggunakan tes menendang, data yang di analisis adalah data dari hasil tes awal dan tes akhir, menghitung hasil tes awal dan hasil tes akhir menendang menggunakan analisis data uji t, dengan persyaratan analisis Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Hasil analisis data menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil menendang bola antara kelompok metode demonstrasi dan metode komando dengan perolehan nilai - t hitung = - 0,127 ≥ - t tabel = -2,017 pada taraf signifikan 0,05 atau taraf kepercayaan 95%.

Kata kunci: metode demonstrasi, metode komando, kemampuan menendang


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Anita. 2007. Model pembelajaran thinking aloud pair problem solving (tapps) pada topik larutan penyangga untuk meningkatkan pemahaman konsep kemampuan pemecahan masalah. Tesis pada FPMIPA UPI: tidak diterbitkan

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT Rineka Cipta.

________________. 1998. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT Rineka Cipta.

________________. 1991. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Husni Idris. 2008. Pengembangan multimedia pembelajaran Berbantuan computer. Januari.

Mukholid. 2004. Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta : Yudistira

Muhajir. 2003. Pendidikan Jasmani Untuk Kelas 1 SMP. Bandung: Yudhistira

Ridwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Penelitian Pemula, Alfabeta : Bandung.

Sajoto M. 1988. Pembinaan dan Peningkatan Kondisi Fisik dalam Olahraga, Jakarta : Dahara Prize

Sukardi, 2003. Pengaruh Pemecahan Saham Terhadap Abnormal return dan Likuiditas Saham. Analisis Bursa Efek: Jakarta

Sumarna. Cecep. 2006. Filsafat Ilmu : Dari Hakikat Menuju Nilai. Bandung : Pustaka Bani Quraisy

Syarifudin Aip 1997. Filsafah dan Sejarah Pendidikan Jasmani : Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo