STUDI EVALUASI PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SMA NEGERI SE-KOTA BANDAR LAMPUNG
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Context, Input, Process, dan Product pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Jasmanai Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di masa pandemi Covid-19 pada SMA Negeri se-Kota Bandar Lampung.
Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Setelah data dikumpulkan kemudian direduksi dan dianalisis. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru PJOK kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 02, 15, dan 06 Bandar Lampung berjumlah 9 guru PJOK.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Context, pemahaman konsep dasar terkait RPP, (pengertian, tujuan, komponen inti, dan aturan-aturan dasar dalam menyusun atau mengembangkan RPP) sudah cukup baik. (2) Input, meliputi komponen inti yang dikembangkan, cara mengembangkan komponen inti, cara melakukan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, menunjukkan bahwa SMA Negeri 02 paling baik karena sesuai dengan rujukan Surat Edaran Mendikbud No 14. Tahun 2019 yaitu hanya tiga komponen inti. (3) Process, implementasi RPP PJOK yang dikembangkan di masa pandemi Covid-19 oleh guru-guru PJOK se-Kota Bandar Lampung sudah berjalan cukup baik sesuai dengan rencana yang sudah di buat dan dalam pelaksanaan masih ada beberapa kesulitan yang dialami (4) Product, keberhasilan RPP PJOK yang dikembangakan di masa pandemi Covid-19 sedikit menurun pada Kompetensi Dasar, khususnya keterampilan untuk pengetahuan sudah cukup baik.
Kata Kunci : Context, Input, Process, Product, SMA Negeri se-Kota Bandar Lampung
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##