Pengaruh Latihan Passing Dengan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Passing Sepakbola Pada Siswa Kelas Atas SDN 1 Rajabasa Raya

Roby Ciptama Hadat, Marta Dinata, Akor Sitepu

Sari


The method in this study used an experimental method, with a true experimental design, a population of 30 students and samples taken using total sampling techniques. Data collection techniques using football passing skills test. After the initial test and the final test the effect of passing practice with playing methods on the passing skills of soccer data is analyzed using t-test data analysis techniques, through the prerequisite tests of normality and homogeneity. The increase in the mean was evident because there was an increase from the average initial test 66.35 to 75.87 at the final test. The conclusion of this study is that there is an effect of passing training with playing methods on the results of football passing skills in high school students at SDN 1 Rajabasa Raya.

 

Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan rancangan true exsperimental design, populasi berjumlah 30 siswa dan sampel yang diambil menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan passing sepakbola. Setelah tes awal dan tes akhir pengaruh latihan passing dengan metode bermain terhadap keterampilan passing sepakbola data di analisis menggunakan teknik analisis data uji-t, melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Peningkatan rerata terlihat nyata karena terjadi peningkatan dari rata-rata tes awal 66,35 menjadi 75,87 pada tes akhir. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh latihan passing dengan metode bermain terhadap hasil keterampilan passing sepakbola pada siswa  kelas atas SDN 1 Rajabasa Raya.

 

Kata Kunci passing, metode bermain, sepakbola.


Teks Lengkap:

XML

Referensi


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bompa, T. (2009). Periodization Theory and Methodology of Training. United States: Human Kineti.

Coerver, W. (2001). Sepak Bola Program Pembinaan Pemain Ideal. Jakarta:PT Gramedia.

Gifford, C. (2007). Sepak Bola (Panduan Lengkap untuk Permainan yang Indah). Erlangga, Jakarta.

Harsono. (1988). Coaching dan Aspek-aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta: CV. Tambak Kusuma.

Luxbacher, J. (2012). Sepak Bola. Jakarta: Raja Grafindo.

Lubis, J. (2013). Panduan Praktis Penyusunan Program Latihan. Depok: Raja Grafindo Persada.

Lumintuarso, R. (2013). Teori Kepelatihan Olahraga. Jakarta: LANKOR.

Mayesty, M. (1990). Creative Activities for Young Children 4th Ed: Play, Development, and Creativity. New York: Delmar Publishers Inc.

Mielke, D. (2009). Soccer Fundamentals “Dasar-Dasar Sepak Bola”. Bandung: Pakar Raya Pustaka.

Putera, G. (2010). Panduan Sepak Bola usia 6-14 tahun; kutak-katik latihan Sepak bola usia dini, Jakarta: PT.Visi Gala 2000.

Sukadiyanto. (2011). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: CV. Lubuk Agung.

Sugiyono. (2013). Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sucipto, et al. (2000). “Sepakbola”. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Soekatamsi. (1995). Permainan Besar 1 (Sepak Bola). Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani, D. (2009). Bermain Sambil Belajar. Jakarta: Edukasia.

Zulkifli L. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo