Passing Exercise Model In Game Soccer For SMP Students

Arinda Wahyu Safitri, Fransiskus Nurseto, Rahmat Hermawan

Sari


The problem in this study was the still low level of passing skills of the football extracurricular students at Tri Sukses Natar Middle School in South Lampung. The aim to be achieved in this research and development is to produce a model of soccer passing training. This study uses the Research & Development (R & D) method. The subjects in this study were junior high school students who took football extracurricular activities. Product effectiveness test is based on the assessment of football experts, learning experts, and linguists. The value obtained is 84.41% which is stated to be quite valid and feasible to use. Based on the results of the development it can be concluded: (1) The training model developed can be applied in the training process (2) This model of soccer passing training can improve students' passing skills, (3) As a contribution to education science especially in the field of football especially for middle school students.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya tingkat keterampilan passing siswa ekstrakurikuler sepakbola SMP Tri Sukses Natar Lampung Selatan. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk model latihan passing sepakbola. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMP yang mengikuti ekstrakulikuler sepakbola.
Uji efektifitas produk yaitu berdasarkan penilaian ahli sepakbola, pembelajaran, dan ahli bahasa. Nilai yang di dapatkan adalah 84,41% yang dinyatakan cukup valid dan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan : (1) Model latihan yang dikembangkan dapat diterapkan dalam proses latihan (2) Model latihan passing sepakbola ini dapat meningkatkan kemampuan passing siswa, (3) Sebagai sumbangan bagi ilmu pendidikan khususnya bidang sepakbola khususnya bagi siswa SMP.

keywords : Passing, Model, Training, Football,


Teks Lengkap:

XML (English)

Referensi


Mutohir C. 2003. Metodik Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Lutan, R. 2009. Belajar Keterampilan dan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Depdikbud. Dirjendikti. Jakarta.

Syarifudin. 2008. Pokok – Pokok Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kamiso. 2006. Pola Dasar Pembinaan Permainan Sepak Bola. CV, Bina Ilmu

Slameto. 2005. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Darmadi, Hamid. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung.

Alfabeta.

Dahar, R.W. 2001. Teori – Teori Belajar. Bandung: Erlangga.

Borg Walter R., and Gall M.D. 1983.Educational Research: An Introduction.New York: Longman Inc.

Harsono. 2002. Coaching dan Aspek-Aspek coaching. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Subagiyo. 2003. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung

Sukmadinata, Nana Syaodah. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Resdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo