Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Dada Melalui Pendekatan Diagnostik Kesulitan Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP Advent Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013

Adhie Dwi Nofyanto SP, Frans Nurseto, suranto suranto

Sari


Pendidikan jasmani merupakan suatu proses pembelajaran yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan hidup aktif serta sikap sportif melalui kegiatan pendidikan  jasmani. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan dalam pembelajaran penjaskes, yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran senam di kelas VII SMP Advent Bandar Lampung pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas.Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, wawancara dan tes hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan diagnostik kesulitan belajar pada materi renang gaya dada di kelas VII SMP Advent Bandar Lampung menunjukkan adanya peningkatan yang positif, yaitu: 1) Perencanaaan pembelajaran renang gaya dada, 2) Pelaksanaan pembelajaran renang gaya dada, 3) Hasil belajar siswa secara klasikal tercapai pada siklus II.

Physical education is a learning process that is designed to improve physical fitness, develop motor skills, knowledge and active living and sportsmanship through physical education activities. This research is motivated their learning problems in physical education, which is the low student learning outcomes in learning gymnastics in junior class VII Advent Bandar Lampung in the second semester of academic year 2012/2013. Research methods using action research methods class. The instrument used in the form of sheets observation, interview and test learning outcomes. The results showed that the diagnostic approach to learning difficulties through the material breaststroke swimming in junior class VII Advent Bandar Lampung showed a positive improvement, namely: 1) the learning of planning breaststroke swimming  2) Implementation of breaststroke swimming, 3) student learning outcomes achieved in the classical style in the second cycle.

Kata Kunci: hasil belajar, berenang, renang gaya dada, diagnostik kesulitan belajar.

 


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. (1997). Pokok Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta : Balai Pustaka.

Depdiknas. (2003). Pedoman Pengembangan Tes Diagnostik Penjas. Jakarta: Dir. PLP Dirjen Dikdasmen.

Jubaedi Ade.2009. Bahan Ajar renang 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung : Bandar Lampung

Kasbolah, Kasihani. (1999). Penelitian Tindakan Kelas: Guru sebagai Peneliti. Lampung Univertsitas. 2009.

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung. Bandar Lampung. Universitas Lampung. Lampung Univertsitas. 2011.

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung. Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Makmun, Abin Samsuddin. (2009). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2004). Implementasi Kurikulum 2004; Panduan Belajar KBK. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Nazir. (2005). MetodePenelitian. Jakarta : Jakarta Indonesia. Priyatna, Asep. (1987). Bidang Pengajaran Psikologi SPG/KPG/SGO. Bandung: Epsilon.

Rakhmat, Cece. (2006). Penggunaan Tes Diagnostik Kesulitan Belajar dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Impresum. Skripsi. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UPI

Rusyani, Tabrani dkk. (1989). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Surya, M. dan Amin, M. (1980). Pengajaran Remedial. Jakarta: PD. Andreola

Syah, Muhibbin. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu.

Udin, Tamsik A.M. dan Sopandi, (1987). Bidang Pengajaran Ilmu Pendidikan SPG/KPG/SGO Jilid 1 dan 2. Bandung: Epsilon.

Widayatun, T. Rusmi. (1999). Ilmu Perilaku. Jakarta: CV. Sagung Seto.

________, (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.

________, (2004). Modul Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat.

_______, (1981). Psikologi Pendidikan; Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Rosdakarya.

________, (2003). Undang-undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) 2003. Jakarta: Sinar Grafika


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo