PERBANDINGAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DENGAN GAYA MENGAJAR INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG

Muhammad Isa, Akor Sitepu, Sudirman Husin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan gaya mengajar Resiprokal dengan Gaya mengajar Inkuiri terhadap hasil belajar renang gaya dada. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah sebagai sumbangan pemikiran untuk meningkatkan pembelajaran renang gaya dada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperiment dengan desain penelitian pre test, ordinal pairing, treatment, post test. Sampel sebanyak 40 siswa yang dibagi dalam 2 kelompok. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Cilegon Banten dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 siswa menggunakan teknik random sampling . Teknik pengambilan data untuk tes keterampilan gerak dasar ini menggunakan Tes Ketepatan renang. Teknik analisis data menggunakan Uji T.

The objective of the research is to find out whether there is significant influence of comperative teaching of resiprocal with teaching of inkuiri from towards the result of study chest swimming form. The uses of this research is consideration to inprove the result of study chest swimming form. In this research, methodology of research was experimental design with the pre test research, ordinal pairing, troatment and post test. The samples taken 40 students who devided by in two groups. The population in this research was the used in this research was to students used random sampling. Techinque in colleeting data, the writer used the happened summing test. The analysis technique the data used Uji T.

Kata kunci : gaya mengajar, respirokal, inquiri, gerak dasar renang, 


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Angga, Ade. 2008.Belajar Pembelajaran Dalam Pelatihan Olahraga. Bina Aksara. Bandung

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Bina Aksara. Jakarta

Dept. P & K RI, Dirjen PLSPOR, Cara Belajar & Mengajar Renang, Proyek Pembinaan, Pemasalahan dan Pembibitan OR, 1978 – 1979. Jakarta.

Djamarah, Bahri, Syaiful. 2010. Model Pembelajaran. Rieneka Cipta. Jakarta.

Haller, David. 2010. Belajar Berenang. Pionir Jaya. Bandung..

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2012

(http://www.caraterbaru.com/2012/11/pengertian-pendidikan-menurut-para-ahli.). Di akses tanggal 20 Februari 2013, Pukul 1:44:10.

Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani untuk SMA. Erlangga. Jakarta

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Sudjana. 2006. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara. Yogyakarta.

Surisman. 2007. Penilaian Hasil Pembelajaran, (Bahan Ajar) Universitas Lampung.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Praktiknya. Bumi Aksara, Jakarta.

Thomas, David G. 2007. Renang Tingkat Mahir. Raja Grafindo persada. Jakarta.

Uno, Hamzah. 2007. Model Pembelajaran. Bumi Aksara. Gorontalo.

Unila. 2008. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung. Unversitas Lampung. Bandar Lampung.

Wikipedia. 2010. Definisi Renang Gaya Dada.

(http://id.wikipedia.org/wiki/Gaya_dada). Diakses 20 Februari 2013, Pukul 1:18:07.

Zain, Aswan. 1995 . Strategi Belajar Mengajar. Rieneka Cipta. Banjarmasin

(http://wawanjunaidi.blogspot.com/2011/12/definisi-pendidikan-jasmani.html). Diakses 20 Februari 2013, Pukul 0:14:48.

(http://Ridwan.blogspot.com/2011/12/definisi-renang.html). Diakses 20 Februari 2013, Pukul 0:23:48.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo