UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN RENANG GAYA PUNGGUNG MENGGUNAKAN ALAT BANTU PAPAN PELUNCUR STEROFOM

Desrika Redi Sanjaya, Akor Sitepu, Ade Jubaedi

Sari


This study aimed to increase and improve basic motor skills in learning backstroke skill in SMK Swadhipa Natar students using launcher board and the help of friends and sterofom modification tools in the form of a float. This type of research was a classroom action research with research subjects were students of class XII AK 2 totaling 40 students, with details of 40 women. While data collection techniques were done by observation by using instruments of basic movement skills assessment tests backstroke. The results showed: the first cycle obtained the presentation success learning completeness of 32.5%, while in the second cycle was obtained presentation success learning completeness of 67.5%, and in the third cycle gained mastery learning success percentage of 92.5%. From the results of this study it concluded that the learning process with tools that done in three cycles of action overall has been proven to produce an effective learning process.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki keterampilan gerak dasar renang gaya punggung dalam pembelajaran renang gaya punggung pada siswa SMK Swadhipa Natar dengan menggunakan papan peluncur dan bantuan teman dan alat bantu modifikasi sterofom yang berupa pelampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XII AK 2 yang berjumlah 40 siswi, dengan perincian 40 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dengan menggunakan instrumen penilaian tes keterampilan gerak dasar renang gaya punggung. Hasil penelitian menunjukkan: pada siklus pertama diperoleh presentase ketuntasan belajar 32,5%, sedangkan pada siklus kedua diperoleh presentase ketuntasan belajar 67,5%, dan pada siklus ketiga diperoleh presentase ketuntasan belajar 92,5%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan alat bantu yang dilakukan dalam tiga siklus tindakan secara keseluruhan telah terbukti menghasilkan proses pembelajaran yang efektif.

Kata kunci: keterampilan, papan seluncur, renang gaya punggung, sterofom.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Adam, Sjamsunir. 1982. Pelajaran Pemeliharaan Kesehatan Masarakat. Jakarta: Bhratara Karya Aksara.

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dwijowinoto, Kasiyo. 1979. Renang Perkembangan Pengajaran Teknik Dan Taktik. Semarang: IKIP Semarang.

Mahendra, Agus. 2008. Asas dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Bahan Ajar Diklat PLPG Program Sertifikasi

Guru Penjas Rayon X Provinsi Jawa Barat. Bandung: FPOK UPI Bandung.

Oemar, Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Soejoko, Hendromartono. 1992. Olahraga Pilihan Renang. Jakarta: Depdikbud Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo