PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT DAN JIGSAW TERHADAP PENGUASAAN MATERI SEKS BEBAS
Sari
Of thie research to find the comparation of learning cooperative of NHT type and jigsaw type toward the mastery of free sex material at eight grade students of SMP IT Fitrah Insani Bandar Lampung in 2010/2011 This research used comparative method. This research was conducted for 1.5 month at SMP IT Fitrah Insani Bandar lampung. Subject of this research was 20 students of eight grade. Data technique of this research used pre test and post test. The pre test and post test analysis used uji t analysis technique. Result of the research from the uji t accounting student’s learning result comparison was thitung : 0.440 ttabel = 1.734, it mean that was significant difference of learning result from whose tought by NHT type and Jigsaw type. From the research it could be conclude that learning result of cooperative learning of NHT type was better than Jigsaw type at eight grade student of SMP IT Fitrah Insani Bandar lampung in 2011/2012.
Kata kunci : pembelajaran NHT, pembelajaran jigsaw, materi seks bebas
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta
Burhanuddin salam. 2002. Pengantar Pedagogik; Dasar-Dasar Ilmu Mendidik. Rineka cipta. Jakarta.
Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta
Hamzah B. Uno. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.
Ibrahim et all. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Surabaya University Press.
Indah. 2012. Model Pembelajaran Jigsaw.
http://carapedia.com/model_pembelajaran_jigsaw_info587.html 5 Oktober 2012. 15.00 WIB.
Ichsan, Mohammad. 1988. Pendidikan Kesehatan dan Olah Raga. Dirjen Dikti. Jakarta
Ismail, Gani. 2007. Tujuan Pendidikan Jasmani. http://ganicaem.blogspot.com 12 Oktober 2012. 16.15 WIB
Khomsin. 2000. Paradigma Baru Pendidikan Jasmani di Indonesia dalam Era Reformasi. Makalah pada acara konvensi nasional pendidikan Indonesia. Jakarta
Kurniadi, Hary. 2011. Model Pembelajaran NHT; Kepala Bernomor Struktur. http://www.eazhull.org.uk/nlc/numbered_heads.htm 12 Oktober 2012. 16.20 WIB
Lakitan, Benyamin. 1998. Metodologi Penelitian. Penerbit Universitas Sriwijaya. Palembang
Lampung, Universitas. 2012. Format Penulisan Karya Ilmiah. Universitas Lampung. Lampung
Lutan, Rusli. 1988. Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. DepDikBud. LPTK. Jakarta
Miarso, Yusuf Hadi. 2007. Kontribusi Teknologi Pendidikan Dalam Pembangunan Pendidikan [Online] Tersedia: yusufhadi.net/wp.../kontribusi-teknologi-pendidikan-dalam-2.doc 15 September 2010. 19.00 WIB
Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan. Yudhistira. Bandung
Notoatmodjo, Sukidjo. 2003. Prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Rineka Cipta. Jakarta
Miarso, Yusuf Hadi. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana. Jakarta.
Slamet. 2011. Unsur dalam hasil belajar kognitif. http://radenmasslamet.blogspot.com
Februari 2013. 16.30 WIB
Rianto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana. Jakarta
Rianse, Usman. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Alfabeta. Bandung
Saifuddin, Azwar. 2011. Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media. Jakarta
. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada media. Jakarta
Sudjana, 2005. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung
. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D. Alfabeta. Bandung
Thoha, M Chabib. 1994. Teknik Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Usman, User. 2000. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosda Karya. Bandung
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##