PENGARUH MODIFIKASI ALAT BANTU BOTOL MINERAL DAN DAYUNG TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN RENANG

Rizki Anggara, Akor Sitepu, Suranto Suranto

Sari


This study aimed to determine the effect of modification tools mineral bottle and hand paddle towards freestyle skills of swimming in class X.1 SMA Al-Kawtsar. This research method was experimental research with the study design "same group design". Data collection techniques in this study were using observation, testing and documentation. The results showed that: (1) There is an effect modification tools to mineral bottle towards freestyle swimming skills of students with 72.5%. (2) There is an effect of modification tools hand paddle towards freestyle swimming skills of students with a 57.1%. (3) There is a difference between the effects of the modification tools of mineral bottle and hand paddle towards freestyle swimming skills in class X.1 SMA Al-Kautsar the conclusions of this research is modification tool of mineral bottles more influence than the modification tools hand paddles

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi alat bantu botol mineral dan dayung tangan terhadap keterampilan renang gaya bebas pada siswa kelas X.1 SMA Al-Kautsar. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian same group design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh modifikasi alat bantu botol mineral terhadap keterampilan renang gaya bebas siswa sebesar 72,5%. (2) Ada pengaruh modifikasi alat bantu dayung tangan terhadap keterampilan renang gaya bebas siswa sebesar 57,1%. (3) Ada perbedaan pengaruh antara modifikasi alat bantu botolmineral dan dayung tangan terhadap keterampilan renang gaya bebas pada siswa kelas X.1 SMA Al-Kautsar. Kesimpulan modifikasi alat bantu botol mineral lebih berpengaruh dari pada modifikasi alat bantu dayung tangan

Kata kunci: modifikasi alat bantu, keterampilan renang gaya bebas.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Badruzaman, H. 2007. Bahan Ajar Renang untuk Pemula, Lanjutan dan Penyempurnaan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Budiningsih, Annayanti. 2010. Berenang Gaya Bebas. Kudus: PT. Pura Barutama..

Muhajir. 2004. Pendidikan Jasmani Teori dan Praktik SMA. Jakarta: PT. Erlangga

Nasution, S. 2014. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Simanjuntak, Victor G. 2009. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamti, Endang Rini dkk. 2007. Perkembangan Motorik. Diktat. Yogyakarta: FIK UNY.

Supandi. 1992. Strategi Belajar Mengajar Penjaskes. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo