Hubungan Antara Sikap Dan Kecerdasan Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani
Sari
This research has a purpose to know is there is correlation between attitude and level of intelligence with learning achievement of physical education at student of SMA Negeri Batu Brak Lampung Barat. The method used in this research is correlation method. The population in this study were the students of grade X SMA Negeri Batu Brak Lampung Barat, the sample was taken by Cluster Random Sampling which was random sampling in groups with the total number of 30 students The data of students attitude was done by questionnaire. Further analyzed by product moment correlation formula. Based on the results of research and data analysis results can be concluded that there is a significant relationship between attitudes and the level of intelligence with learning achievement physical education.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara sikap dan tingkat kecerdasan dengan prestasi belajar pendidikan jasmani pada siswa SMA Negeri Batu Brak Lampung Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Batu Brak Lampung Barat, sampel diambil secara Cluster Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dalam kelompok dengan jumlah 30 siswa Pengumpulan data sikap siswa dilakukan dengan cara penyebaran angket. Selanjutnya dianalisis dengan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara sikap dan tingkat kecerdasan dengan prestasi belajar pendidikan jasmani.
Kata Kunci : kecerdasan, pendidikan jasmani, prestasi belajar, sikap.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, Suharsimi. 1980. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Djaali. 2008. Konsep Dasar dan Pokok-Pokok Desain Eksperimen. Jakarta: Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
Hamalik. Oemar.1995. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito
Margono. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahardi. Moerstyo.2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Sukardi, Dewa Ketut.1983. Bimbingan dan Penyuluhan Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Slameto. 1988. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##