PERBANDINGAN MODEL LATIHAN PEREGANGAN STATIS DAN DINAMIS TERHADAP FLEKSIBILITAS
Sari
This study aimed to determine how much the comparation of exercise model static stretching anddynamic stretching. Methodology used in this study was experiment. Data analysis technique using a single variance analysis technique. In the model of static stretching exercise it can count that tcount = 8.765 >ttable = 2.042 which means rejacted (H0) so theres an influence of static stretching exercises model. In model of dynamic stretching exercises tcount = 3.041 > ttable = 2.042, then rejacted the null hypothesis (H0) that there was ab effect of stretching models dynamic. While the analysis of the final test model group differences static stretching exercises and dynamic obtained tcount = 3.041 > ttable = 2.042 so that there are differences between groups of static and dynamic stretching exercises model for flexibility.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbandingan model latihan peregangan statis dan model peregangan dinamis. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik analisis menggunakan teknik analisa varians tunggal. Pada model latihan peregangan statis didapat thitung 8,765 > ttabel = 2,042 yang berarti tolak ( H0 ) sehingga ada pengaruh model latihan peregangan statis. Pada model latihan peregangan dinamis didapat thitung 3,041 > ttabel = 2,042 maka tolak hipotesis nol ( H0 ) sehingga ada pengaruh model peregangan dimanis. Pada analisis perbedaan tes akhir kelompok model latihan peregangan statis dan dinamis didapat thitung 3,041 > ttabel = 2,042 sehingga ada perbedaan yang antara kelompok model latihan peregangan statis dan dinamis terhadap fleksibilitas.
Kata kunci: dinamis, fleksibilitas, peregangan statis
Referensi
Abdullah, Arma dan Manadji, Agus. 1994. Dasar- Dasar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Ichsan, M. 1988. Pendidikan Kesehatan dan Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta: Depdikbud Dirti PPLPTK.
Lutan, Rusli, dkk. 2002. Pendidikan Kebugaran Jasmani: Orientasi Pembinaan Di Sepanjang Hayat. Jakarta; Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Dirjen OR.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.
Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharjana. 2004. Kebugaran Jasmani. Yogyakarta: FIK UNY.
Thompson, Peter J. L. 1993. Pengenalan Kepada Teori Pelatihan. Terjemahan oleh PB. PASI. Jakarta.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##