Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap dan Karakter Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMK

Mohammad Zaimul Umam, Herpratiwi Herpratiwi, Sugeng Sutiarso

Abstract


The purpose of this research and development is to produce an instrument of attitude assessment. This research is research and development refers to 4-D development model. Data were collected by unstructured interviews and questionnaires. Data analysed by validity and reliability test. The conclusion of this research is condition and potential of the beginning is very possible and support for the development the instrument of attitude and character assessment, development process is carried out using the development stage that is preliminary study, instrument design, instrument design and development, product trial and revision and final product, Attitudes and characters generated valid for use with average 0.852 and 0.870. Instruments assessment of attitudes and character development results have a reliability value of 0.989 and 0.986 with very high category.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian sikap. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan 4-D. Data dikumpulkan dengan cara wawancara tidak terstruktur dan angket. Analisis data dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Kesimpulan pada penelitian adalah kondisi dan potensi awal sangat memungkinkan dan mendukung untuk dilakukan pengembangan intrumen penilaian sikap dan karakter, proses pengembangan dilakukan menggunakan tahap pengembangan yaitu studi pendahuluan, desain instrumen, desain dan pengembangan instrumen, ujicoba dan revisi produk, dan produk akhir. Instrumen yang dihasilkan valid untuk digunakan dalam penilaian sikap dan karakter dengan rata-rata 0.852 dan 0.870. Instrumen penilaian sikap dan karakter hasil pengembangan memiliki nilai reliabilitas 0.989 dan 0.986 dengan kategori sangat tinggi.

Kata kunci: instrumen penilaian sikap, karakter, pembelajaran matematika


Full Text:

PDF

References


Ali, H.M. 2000. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Cetakan ke-1. PT Sinar Baru Algensindo.

Bambang, W. 2008. Teknologi Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan.

Budiningsih, C.A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Cetakan ke-1. PT Rineka Cipta.

Djaali. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Eagly, A. H. & Chaiken, S. 1993. The Psychological of Attitudes. Florida: HBJ.

Mardapi Djemari. 2007.Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Sagala, Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.

Setiawan. 2008. Prinsip-Prinsip Penilaian Pembelajaran Matematika.Yogyakarta. PPTK Matematika

Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widoyoko, Eko P. 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FUJI188

slot gacor

bandar togel

bandar togel

Slot777