Penerapan Pembelajaran Inkuiri Mata Diklat Perbaikan Chasis dan Pemindah Tenaga pada Materi Kopling
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) desain pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa; (2) pelaksanaan pembelajaran; (3) bentuk evaluasi yang dipergunakan; dan (4) peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas II TKR SMK 2 Mei Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) desain pembelajaran sudah dibuat sesuaid engan kebutuhan belajar, tujuan pembelajaran, materi, metode dan evaluasi; (2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan pembelajaran inkuiri sudah sesuai dengan sintak pembelajaran inkuiri; (3) bentuk evaluasi pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dengan pembelajaran inkuiri; dan (4) terjadi peningkatan KPS siswa dari siklus ke siklus dengan rincian pada siklus I sebesar 48,99%, siklus II sebesar 59,46%, dan siklus III sebesar 71,71%. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus ke sikus dengan rincian pada siklus I 22,22% siswa mencapai ketuntasan 50,00% pada siklus II, dan 86,11% pada siklus III.
Kata kunci : inkuiri, materi perbaikan chasis, pemindah tenaga, keterampilan proses sains
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Heinich, R., Molenda, M., Russel, D.J., & Smaldino, E. S. 2002. Assure Model Learning. Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Merrill
Indrawati. 1999. Keterampilan Proses Sains: Tinjauan Kritis dari Teori ke Praktis. Bandung : Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Miarso, Yusufhadi. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.