MODEL PEMBELAJARAN WEB COURSE DAN WEB CENTRIC COURSE

Ima Sugioto Putri, Sulton Djasmi, Helmi Fitriawan

Abstract


This study aimed to analyze: 1) the interaction between the learning model of WC and the WCC with the ability early on student achievement in the subject of SBD, 2) differences in the achievement of students in the subject of SBD using model WC and WCC, 3) differences in student achievement in the course of SBD with lower initial ability to use learning models WC and WC, and 4) differences in learning achievement SBD subjects with high baseline capabilities using model WC and WCC. The study was conducted in Bandar Lampung technocrat College majoring in Information Systems. Cluster sampling technique Random Sampling. Data were analyzed using essay test with normality and homogeneity test. The conclusions of this study were 1) There is no interaction between learning models WC and WCC (sig 0.017 <0.05), initial capability (sig 0.00 <0.05) and the interaction model and the ability of early (sig 0.002 <0.05) , 2) achievement using a model of WC higher compared with the WCC learning model (sig 0.00 <0.05), 3) the learning achievement with lower initial ability to use learning models WCC higher than the learning model WC (sig 0.55> 0 , 05), and 4) the learning achievement with high initial capabilities using model WCC higher than the learning model WC (sig 0.000 <0.05).

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) interaksi antara pembelajaran model WC dan WCC dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah SBD, 2) perbedaan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah SBD menggunakan model pembelajaran WC dan WCC, 3) perbedaan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah SBD dengan kemampuan awal rendah menggunakan model pembelajaran WC dan WC, dan 4) perbedaan prestasi belajar mata kuliah SBD dengan kemampuan awal tinggi menggunakan model pembelajaran WC dan WCC. Penelitian dilakukan di Perguruan Tinggi Teknokrat Bandar Lampung pada jurusan Sistem Informasi. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan tes essay dengan uji normalitas dan homogenitas. Simpulan dari penelitian ini adalah 1) terdapat interaksi antara pembelajaran model WC dan WCC (sig 0,017<0,05), kemampuan awal (sig 0,00<0,05) serta interaksi model dan kemampuan awal (sig 0,002<0,05), 2) prestasi menggunakan model WC lebih tinggi dibandingan dengan model pembelajaran WCC (sig 0,00<0,05), 3) prestasi belajar dengan kemampuan awal rendah menggunakan model pembelajaran WCC lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran WC (sig 0,55>0,05), dan 4) prestasi belajar dengan kemampuan awal tinggi menggunakan model pembelajaran WCC lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran WC (sig 0,000<0,05).

Kata kunci: sistem basis data, web course, web centric course.


Full Text:

PDF

References


Efendi. 2009. Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja.

Gerlach, V.G. dan Ely, D.P.2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung:Pustaka Setia.

Nara, Hartini dan Eveline Siregar. 2010. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung : Nusa Media.

Ratumanan. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : Unesa University Press.

Rino Adibowo., Tatik Fidowaty. 2015. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. Pengaruh Efektivitas Kuliah Online dalam Website Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa UNIKOM. diakses 2 oktober 2015.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi belajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sujana, Wina H. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Bandung: Tarsito.

Sutanta, Edhy. 2004. Sistem Basis Data. Yogjakarta : Graha Ilmu.

Wendhie Prayitno. 2015. Jurnal Pendidikan Implementasi Blended Learning dalam Pembelajaran pada Pendidikan dasar dan Menengah. diakses 2 oktober 2015.

Yulianti, Dwi. 2016. Pembelajaran Direct Inovatif. Yogyakarta: Media Akademi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FUJI188

slot gacor

bandar togel

bandar togel

Slot777