PENERAPAN MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI
Abstract
The purpose of this study was to analyze and find out; (1) the appropriate lesson plan for physical education especially for discus throwing, (2) conduct the effective and efficiency of learning process especially in discus throwing. (3) the appropriate evaluation methods which is suitable with students characteristic, (4) implementation of discus throwing modification equipment for improving learning outcomes. This research is classroom action research which carried out in three cycles. This research was at SMP Muhammadiyah 1 Pringsewu. First cycles was used as the implementation of modification of discus throwing equipment using ring king which is called Gelang Raja. A second cycle was using plastic plate and the last cycles was using wood discus. The collected data were analyzed by descriptive and qualitative. The result of the research; (1) designing lesson plan by analyzing students characteristic and the material prepared by rhythmic game development dimension and method section. (2) learning process make students more interested with the learning material which is given by teacher and make the teacher easier to manage students to be more active during learning process. (3) evaluation of the implementation of modified discus throwing which has validity (0,66) and reliability (0,79). (4) modified equipment on discus throwing can increase students learning outcome as follows; VIII.1 reach 65,36 in first cycles, 69,28 in second cycles and reach 74,38 at the third cycles. For VIII.3 reaches 65,89 at the first cycles, 67,01 at second cycles and 73,26 at the third cycles.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menemukan: (1) desain RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang tepat dalam pembelajaran pendidikan jasmani untuk materi atletik nomor lempar cakram; (2) pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien pada materi atletik nomor lempar cakram; (3) bentuk evaluasi pembelajaran lempar cakram yang tepat, sesuai dengan karakteristik siswa; (4) penerapan modifikasi alat lempar cakram untuk peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Tempat penelitian di SMP Muhammadiyah 1 Pringsewu. Siklus I dengan penerapan modifikasi alat lempar cakram berupa gelang raja, siklus II dengan piring plastik dan siklus III dengan cakram kayu. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian adalah: (1) desain RPP lempar cakram dihasilkan dengan cara, guru melakukan analisis karakteristik peserta didik, materi disusun dengan cara pengembangan dimensi permainan ritmik dan dengan metode bagian; (2) proses pembelajaran membuat siswa lebih tertarik pada materi yang diberikan dan guru lebih mudah mengkondisikan siswa untuk lebih berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran; (3) bentuk evaluasi dengan penerapan modifikasi alat lempar cakram memiliki validitas (0,66) dan reliabilitas (0,79); (4) modifikasi alat pada materi lempar cakram, dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu untuk kelas VIII.1, diperoleh nilai rata-rata siklus I 65,36, siklus II 69,28 dan siklus III 74,38. Untuk kelas VIII.3 diperoleh nilai rata-rata siklus I 65,89, siklus II 67,01 dan siklus III 73,26.
Kata kunci: hasil belajar, lempar cakram, modifikasi alat
Full Text:
PDFReferences
Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bahagia Yoyo. dkk. 2002. Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdiknas. 2003. Kurikulum (Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani SMP/ MTs). Jakarta: Depdiknas.
Dirjen Dikti PPLPTK. Ormrod Jeanne Ellis. 2008. Educational Psychology Developing Learners.(Alih Bahasa: Indianti Wahyu, dkk). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kemmis dan Mc Taggart. 1988. The Action Research Planner Third edition. Victoria: Deakin University Press.
Lutan Rusli. 2000. Belajar Keterampilan Motorik. Jakarta: Depdikbud
Winkel. 2007. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Gramedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.