MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN MATA PELAJARAN PPKn
Abstract
This study aimed to increase students output used role play model in Civics learning. This study was a classroom action research by using one class of VII grade students for the research subjects. Data were collected by questionnaires, observations and tests. This study was analyzed in quantitative descriptive. The results of this study is Civics learning design using role play model in videolearning. Students assessment was conducted well. In cycle 1, the average of studentss assessment wa 63.1, cycle 2 was 72.7, cycle 3 was 80.2, and 5) the learning outcomes in cycle 1 was 63.1, cycle 2 was 72.7, cycle 3 was 80.21.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran bermain peran pada mata pelajaran PKN. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan siswa kelas VII sebagai subjeknya. Data dikumpulkan dengan angket, observasi dan tes, dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa desain pembelajaran PPKn menggunakan model pembelajaran bermain peran dalam bentuk video pembelajaran. Asesment siswa dilakukan dengan sangat baik. Pada siklus 1 rata-rata penilaian siswa 63,1 , siklus 2 rata-rata sebesar 72,7 siklus 3 rata-rata sebesar 80,2, dan 5) hasil belajar siklus 1 63,1 , siklus 2 sebesar 72,7 siklus 3 sebesar 80,21.
Kata kunci : hasil belajar, model bermain peran, PPKn
Full Text:
PDFReferences
Huda, Miftahul. 2014. Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Mulyasa
Purwanto. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sagala. 2007. Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak. Yogyakarta : Javalitera
Sudjana. 2014. Metode Penelitian Sosial. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup
Sugiyono. 2012, Teknologi Komunikasi dan Informasi. Perkembangan dan dampaknya dalam penelitian.Malang: IPTPI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.