Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKPD) Sesikun melalui Model Problem Bas Learning (PBL) untuk Siswa Kelas X SMA

Angga Gustama, Farida Ariyani, Tuntun Sinaga

Abstract


The purpose of this study was to develop and produce sesikun material on LKPD using problem-based learning (PBL) models for high school students in class X and to describe the feasibility of sesikun material in LKPD through PBL problem-based learning models for high school students. The method used in this research is research and development (R & D). The results showed that (1) the development of pedagogical materials in the form of student worksheets (LKPDs) of sesikun material using problem-based learning models for high school students in class X (2) the results of the study of the feasibility of student worksheets (LKPD) Sesikun as a whole was declared "very dignified" by hardware experts (86.71%), media experts (87.5%) and expert practitioners (95.83%). The results of this study indicate that LKPD products can be used in Sesikun teaching materials for Grade 10 students.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan LKPD materi sesikun melalui model problem based learning (PBL) untuk siswa kelas X SMA, dan mendeskripsikan kelayakan LKPD materi sesikun melalui model problem based learning (PBL) untuk siswa kelas X SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) telah dikembangkannya produk bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) materi sesikun melalui model problem based learning (PBL) untuk siswa kelas X SMA, (2) hasil penelitian kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) materi sesikun secara keseluruhan dinyatakan “Sangat Layak” oleh ahli materi sebesar 86,71%, ahli media sebesar 87,5% dan ahli praktisi sebesar 95,83%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk LKPD layak digunakan dalam pembelajaran materi Sesikun untuk siswa kelas X SMA.

Kata kunci: LKPD, problem based learning, sesikun.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013 Bandung: PT Refika Aditama.

Danandjaja, James. 1984. Folklor Indonesia. Jakarta: Grafiti Pers

Daryanto, dkk. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar).Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, Rineka Cipta

Effendi. S. 2014. Sastra Lisan Lampung. Bandar Lampung

Fattah, Fauzi Dkk. 2002. Belajar Bahasa Lampung. Bandar Lampung: Gunung Pesagi

Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Parbasa. 1996. Pengajaran Bahasa Lampung. Bandar Lampung: Gunung Pesagi

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sakiman. 2012. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011.Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Shoimin , Aris. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta : Grafiti Pers

Tim Penyusun. 2015. Format Penulisan Karya Ilmiah. Universitas Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.