Peningkatan Kemampuan untuk Memahami Warahan (Intar Padang) melalui Metode Pembelajaran Storytelling

Ibnu Haikal, Farida Ariyani, Cucu Sutarsyah

Abstract


The purpose of this study was to describe the planning and improvement of learning in understanding warahan (Intar Padang) through the Storytelling learning method in XI IPA 2 students of SMA Negeri 2 Pringsewu academic year 2018/2019. The research method used was classroom action research (CAR), class action research was practical research intended to improve classroom learning. The results showed that the students' ability in learning warahan through the Storytelling learning method had an increase compared to before using the storytelling method. The first cycle obtained an average score of 76 with complete and good criteria, while the implementation of learning in the second cycle obtained an average score of 84 with complete and very good criteria.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan peningkatan pembelajaran memahami warahan (Intar Padang) melalui metode pembelajaran Storytelling pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Pringsewu tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian tindakan kelas adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran warahan melalui metode pembelajaran Storytelling memiliki peningkatan dibandingkan dengan sebelum menggunakan metode storytelling. Siklus ke-1 memperoleh skor rata-rata 76 dengan kriteria tuntas dan baik, sedangkan pelaksanaan pembelajaran pada siklus ke-2 memperoleh skor rata-rata 84 dengan kriteria tuntas dan sangat baik.

Kata kunci: Intar padang, metode storytelling, warahan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2012. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta

Effendi. S. 2014. Sastra Lisan Lampung. Bandar Lampung

Madya. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia

Peraturan Gubernur Lampung Nomor 39 Tahun 2014. Tentang Pelajaran Bahasa dan Sastra Lampung Sebagai Muatan Lokal Wajib Pada Jenjang Satuan Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah. Bandar Lampung

Pratiwi, Penerapan Metode Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II SDN 4 Bandung, http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JTL/article/view/14168, diakses tahun 2016.

Rumiati, Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Memahami Warahan http://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/1293, diakses tahun 2016

Soetarno. 2007. Pristiwa Sastra Melayu Lama.Surakarta: Widya Duta Grafika

Zaini. 2014. Adat dan Istiadat Lampung Pepadun. Bandar Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.