Pisaan pada Masyarakat Sungkai Bunga Mayang dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Pertama

Dian Azmiyati, Mulyanto Widodo, Iqbal Hilal

Abstract


The problems and objectives of this study were related to the description of the structure, characteristics and functions of Pisaan. This research was included descriptive qualitative research type. The research data was the Sungkai Bunga Mayang community. This study examined the physical and mental structures. The finding of this research showed the physical structured of Pisaan whose parts have diction, image, verification, concrete word, majas, and tifography and also has an inner structure consists of themes, taste, tone, and mandate. The results of the research can be implicated in learning Lampung language especially on literary appreciation, both aspects of understanding (reading and listening) or oral expression. This is suitable with the Competency Standards (SK) and Basic Competence (KD) of the Lampung language learning curriculum to improve students' ability to appreciate literary creation and assist teachers in delivering oral literary learning at the junior level.

Masalah dan tujuan penelitian ini bertautan dengan deskripsi struktur, ciri dan fungsi Pisaan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa pisaan masyarakat Sungkai Bunga Mayang. Penelitian ini mengkaji struktur fisik dan batin. Temuan penelitian ini menunjukan pisaan berstruktur fisik yang bagian-bagiannya memiliki diksi, imaji, verifikasi, kata konkret, majas, tifografi dan juga memiliki struktrur batin yang terbentuk dari tema, rasa, nada dan amanat. Hasil penelitian dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Lampung terutama pada apresiasi sastra, baik aspek pemahaman (membaca dan mendengar) maupun ekpresi lisan. Hal ini sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) kurikulum pembelajaran bahasa Lampung untuk meningkatkan kemampuan siswa mengapresiasi karya sastra dan membantu guru-guru dalam menyampaikan pembelajaran sastra lisan di tingkat SMP.

Kata kunci : Pembelajaran sastra lampung, Pisaan, struktur puisi.


References


Hutomo, Suripan. 1983.Panduan Penelitian Sastra Lisan/Daerah Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Jabrohim (Ed). 1994. Pengajaran Sastra.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mardiyanto, dkk. 2002. Antologi Pisaan Lama Berisi Nasihat.Jakarta: Pusat

Bahasa Depdiknas.

Malik,S.Harto.2012. Lohidu sebagai Ragam pantun pada Masyarakat Gorontalo. (Disertasi).Universitas Negeri Jakarta:Jakarta

Nasution. 1982. Metode Research. Jemmars.

Sanusi,A Efendi.2000. Sastra Lisan Lampung. Lampung : Unila

Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.