Peningkatan Apresiasi Segata Melalui Metode Suggestopedia Dalam Pembelajaran Bahasa Lampung

Yaumi Arfah, Farida Ariyani, Hery Yufrizal

Abstract


The aim of this research was to improve segata appreciation of the students of VIII class of SMP Negeri 31 Bandarlampung, in the academic year of 2015/2016 which consisted of 30 students. The method used was classroom Action research. The data analysis used was qualitative descriptive data analysis and quantitative data analysis through students performing segata test. The result of the research showed that there was an improvement in the lesson plan through suggestopedia method in which teacher brought students imagination in a Lampungnese segata concert. In the scoring process students performed segata with Lampungnese classical music. After applying suggestopedia method, students self confidence improved when performing it. The result of learning segata also improved which was 52,83 on the average in the pre cycle, while in cycle III it was 85,66. The students improvement of segata appreciation through suggestopedia in pre cycle was 00,00%, while in cycle III it was 100%.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan apresiasi segata pada siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode suggestopedia. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 31 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Analisis data yang digunakan adalah analiasis data deskriptif kualitatif melalui observasi dan analisis data kuantitatif melalui tes melantunkan segata. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penyempurnaan rencana pelaksanaan pembelajaran melalui metode suggestopedia yaitu guru membawa imajinasi siswa dalam sebuah konser segata Lampung. Pada proses penilaian siswa melantunkan segata dengan diiringi musik klasik Lampung. Setelah menggunakan metode suggestopedia siswa lebih percaya diri dalam melantunkan segata. Hasil pembelajaran segata juga mengalami peningkatan yaitu pada prasiklus rata-rata 52,83, sedangkan siklus III 85,66. Peningkatan kemampuan apresiasi segata melalui metode suggestopedia yaitu dari prasiklus ketuntasan siswa 00,00%, siklus III 100%.

Kata kunci: Apresiasi, bahasa Lampung, segata, suggestopedia.


References


Aminudin, 2014. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Richard, Jack K dan Theodore S Rodgers, 1993. Appoarch and Method in Language Teaching, a description and Analysis. New York: Cambridge University Press.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Metodelogi Pengajaran Bahasa 2. Bandung: Angkasa.

. 2009. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Sanusi, A. Effendi. 2014. Sastra Lisan Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Setiyadi, Ag. Bambang. 2006. Teaching English As A Foreign Language.Yogyakarta: Graha Ilmu

Sunarti dan Selly Rahmawati. 2012. Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: Andi Offset


Refbacks

  • There are currently no refbacks.