Nilai Pendidikan Buku Sastra Lisan Lampung Dalam Pembelajaran Bahasa Lampung Di SMP

Nur Aminah, Nurlaksana Eko, A. Effendi Sanusi

Abstract


Aims of the research to describe the value of the educational value of folklore in the book of oral literature Lampung works A. Effendi Sanusi and its implications in language learning in secondary schools. The research method used is qualitative descriptive. Research data in the form forklore in the form of oral lirature Lampung works A. Effendi Sanusi. Data collection techniques used by the techniques literature, correct reading and writing. Data analyze using data analysis techniques qualitatif.The results showed that values of education contained folklore of book oral literature Lampung A. Effendi Sanusi work covering moral education value and value of the culture education. Value can be implied in Lampung language learning in the secondary school class VII in odd semester at KD 7.4.5 showing and present the contetnt as well as the values that are contained in the text waghahan accordance with maxims orally and in writing.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan cerita rakyat di dalam buku Sastra Lisan Lampung karya A. Effendi Sanusi dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Lampung di SMP. Metode penelitian yang digunaken dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa cerita rakyat dalam buku Sastra Lisan Lampung karya A. Effendi Sanusi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik studi pustaka, menyimak dan menulis. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada nilai-nilai pendidikan pada cerita rakyat dalam buku Sastra Lisan Lampung karya A.Effendi Sanusi. Nilai-nilai pendidikan ini meliputi nilai pendidikan moral dan budaya. Nilai-nilai pendidikan ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Lampung di SMP kelas VII semester ganjil di KD 7.4.5 menanggapi dan menyajikan isi serta nilai-nilai yang ada di dalam teks waghahan dan kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan.

Kata kunci : Cerita rakyat, implikasinya, nilai pendidikan.


References


Achyar, Warnidah dkk. 1986. Struktur Sastra Lisan Lampung. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Djamaris, Edwar. 1994. Sastra Daerah Di Sumatra Analisis, Tema, Amanat dan Nilai Budaya. Jakarta: Balai Pustaka.

Emzir dan Saifur Rohman. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Endraswara, Suardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Caps.

Peraturan Gubernur Lampung Nomor 39 Tahun 2014 tentang Mata pelajaran Bahasa dan Aksara Lampung sebagai Muatan Lokal wajib pada Jenjang Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Prosiding Seminar Kebahasaan dan Kesastraan Indonesia. 2015. Bandar Lampung : Universitas Lampung

Sanusi, A. Effendi. 2014. Sastra Lisan Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Semi, M. Atar. 1993. Metode penelitian sastra. Bandung: Angkasa.

Semi, Atar. 1998. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.

Sumardi, Muljanto. 1992. Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Undang-Undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Wellek, Rane dan Austin Warren. 1990. Teori Kesusastraan. Jakarta : Gramedia

Wicaksono, Andri. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi. Garudhawaca


Refbacks

  • There are currently no refbacks.