EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM LESSON STUDY

Wari Prastiti, Sulton Djasmi, Undang Rosidin

Abstract


The objective of this research was to provide recommendations regarding to the implementation of Lesson Study in Senior High School 5 Metro which included the stages of planning, open class and reflection in its implementation. This research used analysis model of evaluation method, which was conducted in Senior High School 5 Metro involving twelve teachers as subject of research . Data were collected by observation guidelines and were analyzed by qualitative descriptive then it was presented and categorized good category. The conclusions of this research were: (1) the implementation of lesson study program in the stage of planning has ? 25% of good value, (2) the implementation lesson study program in the stages of open class has ? 16.67% of good value, (3) the implementation of lesson study program in the stage of reflection has ? 25% of good value.

Tujuan penelitian adalah memberi rekomendasi berkenaan dengan pelaksanaan Lesson Study di SMAN 5 Metro yang meliputi proses tahapan perencanaan, tahapan open class dan tahapan refleksi dalam program implementasi Lesson Study.Penelitian menggunakan metode evaluasi model analisis, dilakukan di SMAN 5 Metro dengan subjek penelitian sebanyak dua belas orang guru .Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan dianalisis dengan deskriptif kuantitatif yang selanjutnya dipersentasekan dan dikategorikan dengan kriteria evaluasi baik. Kesimpulan penelitian adalah: (1) pelaksanaan tahapan perencanaan program lesson study memiliki nilai ? baik sebanyak 25 % , (2) pelaksanaan tahapan open class program lesson study memiliki nilai ? baik sebanyak 16,67 % , (3) pelaksanaan tahapan refleksi program lesson study nilai ? baik sebanyak 25% .

Kata kunci: evaluasi, pelaksanaan, lesson study


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal.2012.Evaluasi Pembelajaran.Bandung : Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi, Cepi Safruddin AJ. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Chatib,Munif. 2014. Gurunya Manusia Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung : Mizan Media Utama.

DIKTI. 2010. Panduan Pelaksanaan Lesson Study di LPTK. Jakarta : Kemendiknas.

Danim, Sudarwan.2003. Menjadi Komunitas Belajar Kepemimpinan Transformasi dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hendayana, Sumar. 2012. Pengembangan Karakter Guru dan Dosen Melalui Lesson Study. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional di Universitas Muhammadiyah Metro.

Herpratiwi.2009. Teori Belajar dan Pembelajaran.Bandar Lampung.Unila.

Karwono,Heni Mulatsih.2010. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta : Cerdas Jaya.

Permendikbud No 65 Tahun 2003 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sanjaya,Wina.2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Syamsuri, Istamar, Ibrohim.2007. Lesson Study (Studi Pembelajaran) Model Pembinaan Pendidik secara Kolaboratif dan Berkelanjutan. Malang. FMIPA UM.

Syamsuri, Istamar. Ibrahim.2008. Lesson Study ( Studi Pembelajaran) Model Pembinaan Pendidik Secara Kolaboratif Dan Berkelanjutan.Malang : FMIPA.UM

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasiona :Jakarta

Wirawan. 2012. Evaluasi : Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajawali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.