EVALUASI RENCANA PEMBELAJARAN IPS SD DAN UPAYA PERBAIKANNYA PADA MAHASISWA PGSD
Abstract
The aim of this research were (1) to determine the level of ability on a social science lesson plan of semester fourth PGSD Students (2) to know the APKG I aspects generally less mastered by the student.The research method used was class action research (PTK) research design used was Kemmis model which consist of planning actions, observations and reflections.The results of this action research were (1) in pre action, the grade point average was 5.61; in post action the grade point average was 6.70; (2) APKG I aspects that generally less mastered by the student was the second aspect of developing and organizing subject, media and learning resources and the third aspects on procedures planning, type and assessment instrument preparing.
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui tinggi rendahnya kemampuan menyusun rencana pembelajaran IPS pada mahaiswa PGSD semester IV (2) mengetahui aspak-aspek APKG I yang secara umum kurang di kuasai mahasiswa.Metode penelitian adalah : Penelitian Tindakan Kelas (PTK) rancangan penelitian menggunakan model kemmis yang terdiri atas perencanaan tindakan dan pengamatan serta refleksi.Hasil Penelitian Tindakan adalah (1) sebelum tindakan rata-rata nilai rencana pembelajaran 5,61; sesudah tindakan 6,70; (2) aspek APKG I yang secara umum kurang dikuasai mahasiswa adalah aspek ke 2 tentang mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media dan sumber belajar dan aspek ke 3 tentang merencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian.
Kata kunci : rencana pembelajaran, upaya perbaikan
Full Text:
PDFReferences
Abimanyu, Soli, Dkk. 2008. Strategu Pembelajaran. Ditjen Dikti. Jakarta : Depdiknas
Agib, Zainal, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya
Amrodi, 2007. Jakarta : Upaya Meningkatkan Evaluasi Belajar
Arikunto, Suharsimi, Dkk. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Hamalik, Oemar, 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hidayati, Dkk, 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta : Dikti Depdiknas
Khotimah, 2009. Penilaian Evaluasi Belajar. Jakarta : Grafindo Persada
Mulyasa, 2003. Metode Dan Teknik Pembelajaran. Jakarta : Rieneka Cipta
Permendiknas No. 22. Tahun 2006. Tentang Standar Isi
Rusman, 2010. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sapriya,dkk, 2006. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS.Bandung:UPI PRESS.
Slameto, 2003. Landasan-Landasan Pendidikan Sd. Ditjen Dikti. Jakarta : Depdiknas
Sukardi, 2003.Prof., Ph.D, Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Bumi Aksara
Suryo Subroto, B.2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah (edisi revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep Strategi dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara
Undang-Undang Repubik Indonesia No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wina, Sanjaya, 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Refbacks
- There are currently no refbacks.